Proyek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila
Oleh Nurul Jubaedah,
S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut)
Materi ini disampaikan oleh Bapak
Didin Hadiat, M.Pd Pengawas Sekolah dari Kantor Kemenag dari Kabupaten
Tanggerang Banten. Beliau merupakan Instruktur Nasional Tim Pengembang PKB GTK
Madrasah, Tim Regulasi Direktorat KSKK dan GTK Madrasah, Assesor BAN SN, Tim
Penilai Angka Kredit, dan pengurus POKJAWAS. Sosialisasi Kurikulum Merdeka yang
diselenggarakan pada siaran live channel youtube milik bapak Pengawas
Madrasah Kemenag Garut, Bapak Munif ada hari Rabu tanggal 22 Juni tahun 2022
pukul 07.30 sampai dengan selesai.
Beliau
menyampaikan tentang Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Proyek
Penguatan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin. Berikut paparannya disandingkan
dengan pemikiran penulis untuk lebih memperjelas poin-poin yang tertera seperti
yang dipaparkan di bawah ini.
Profil
Pelajar Pancasila yaitu pelajar yang memiliki pola pikir, bersikap, dan
berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila yang Universal dan menjunjung
tinggi toleransi demi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa serta
perdamaian dunia. Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamin yaitu Profil Pelajar
Pancasila di Madrasah yang mampu mewujudkan wawasan, pemahaman, dan perilaku
taffaquh fiddin sebagaimana kekhasan kompetensi keagamaan di Madrasah, serta
mampu berperan di tengah masyarakat sebagai sosok yang moderat, bermanfaat di
tengah kehidupan masyarakat yang beragam serta berkontribusi aktif menjaga
keutuhan dan kemulyaan negara dan bangsa Indonesia.
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
1. Kegiatan
kokulikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian
kompetensi dan karakter.
2. Pelaksanaan
proyek dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu
pelaksanaan.
3. Proyek
dapat dirancang secara terpisah atau terpadu dengan pembelajaran
intrakurikuler.
4. Tujuan,
muatan, dan kegiatan pembelajaran proyek tidak harus dikaitkan dengan tujuan
dan materi pelajaran intrakurikuler.
5. Dapat
melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan
proyek.
Proyek Penguatan Profil
Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin
1. Kegiatan
kokulikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian
kompetensi dan karakter.
2. Beriringan
dan dapat disatukan dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
3.
Pelaksanaan
dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.
4.
Proyek
penguatan dirancang terpisah dari intrakurikuler.
5.
Madrasah
dapat melakukan secara terpadu dengan pembelajaran intrakurikuler.
6.
Madrasah
dapat melakukan secara terpadu dengan pembelajaran intrakurikuler.
7. Dapat
melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan
proyek.
Kegiatan
dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan
Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin ini bersifat
two in one yaitu bisa berjalan beriringan atau digabungkan mirip dengan
Moderasi Beragama. Madrasah tinggal memilih mau membentuk karakter peserta
didik yang mana dan seperti apa. Di Kementrian Agama tepatnya di Madrasah, Proyek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin boleh berkolaborasi dengan kegiatan
intrakulikuler atau ekstrakulikuler.
Profil
Pelajar Pancasila di RA yaitu tema Profil Pelajar Pancasila Aku Sayang Bumi,
Aku Cinta Indonesia, Bermain dan bekerja sama, Imajinasiku/Imajinasi dan
kreativitasku. Proyek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin di RA
difokuskan pada penanaman Moderasi Beragama yang dapat diimplementasikan
melalui kegiatan yang terprogram dalam proses pembelajaran maupun pembiasaan
dalam mendukung sikap-sikap moderat.
Profil
Pelajar Pancasila di MI, MTs, dan MA mengambil alokasi waktu 20-30% dari total
jam pelajaran selama 1 tahun dengan tema :
1.
Hidup
Berkelanjutan,
2.
Kearifan
Lokal,
3.
Bhineka
Tunggal Ika,
4.
Bangunlah
Jiwa dan Raganya,
5.
Demokrasi
Pancasila
6.
Berekayasa
dan berteknologi untuk membangun NKRI
7.
Kewirausahaan
8.
Kebekerjaan
Tema-tema Proyek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan Lil
“alamin yang dapat dipilih dari nilai-nilai Moderasi Beragama :
1.
Berkeadaban
(ta’adub)
2.
Keteladanan
(qudwah)
3.
Kewarganegaraan
dan Kebangsaan (muwatanah)
4.
Mengambil
jalan tengah (tawassut)
5.
Berimbang
(tawasut)
6.
Lurus
dan Tegas (I’tidal)
7.
Kesetaraan
(musawah)
8.
Musyawarah
(syura)
9.
Toleransi
(tasamuh)
10. Dinamis dan Inovatif (tathawwur wa ibtikar)
Daftar Pustaka
Biodata
Nurul Jubaedah lahir di Garut, 19 Mei
1978. Mengajar di MTsN 2
Garut. Pendidikan
: D1 Akuntansi (1995), S1 PAI UNIGA ( 2001), S1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi
Cimahi (2007), S2 PAI UIN SGD Bandung (2012). Prestasi :
Pembimbing KIR : Membimbing 27 judul Karya Ilmiah Remaja kategori sosial
budaya, menghantarkan peserta didik juara 1,2,3, dan harapan 1 kategori
Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat Provinsi), juara harapan 1 dan 2
(tingkat Nasional) (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1
di GTK Madrasah (2021), lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022). Karya
: 3 buku solo, 20
buku antologi (Januari-April 2022). Memiliki 540 konten pendidikan di
canal youtube dan 80
artikel (Oktober 2021-Juni
2022). Blog
:
http://nuruljubaedah6.blogspot.com/. Instagram
(nj_78). Email
: nuruljubaedah6@gmail.com.
Whatsapp : 081322292789.
Informasi yang manfaat. Terimakasih sudah berbagi. Tetap terus semangat menuju gerbang kesuksesan
BalasHapusTerima kasih sudah berkunjung salam literasi
HapusSangat bermanfaat.. bu
BalasHapusTerima kasih banyak atas supportnya salam literasi
HapusKaya-kaya zaman orba ada proyek Profil pelajar Pancasila tuh. Dulu didengungkan sosok manusia Indonesia yg Pancasilais, namun kenyataan ganya sebatas jargon tanpa Makna sesungguhnya. Kayaknya juga bagus kalau di aparatur ada profil pejabat Pancasila ug anti manipulasi apalagi korupsi....
BalasHapusIya semoga sesuai dengan apa yang Kita harapkan maka dimulai dari anak didik kita untuk menyiapkan pejabat anti korupsi dimulai dari para pelajar generasi muda penerus bangsa
Hapus