Senin, 27 Juni 2022

(80) Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

 

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut)

Materi ini disampaikan oleh Bapak Didin Hadiat, M.Pd Pengawas Sekolah dari Kantor Kemenag dari Kabupaten Tanggerang Banten. Beliau merupakan Instruktur Nasional Tim Pengembang PKB GTK Madrasah, Tim Regulasi Direktorat KSKK dan GTK Madrasah, Assesor BAN SN, Tim Penilai Angka Kredit, dan pengurus POKJAWAS. Sosialisasi Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan pada siaran live channel youtube milik bapak Pengawas Madrasah Kemenag Garut, Bapak Munif ada hari Rabu tanggal 22 Juni tahun 2022 pukul 07.30 sampai dengan selesai.

Beliau menyampaikan tentang Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin. Berikut paparannya disandingkan dengan pemikiran penulis untuk lebih memperjelas poin-poin yang tertera seperti yang dipaparkan di bawah ini.

Profil Pelajar Pancasila yaitu pelajar yang memiliki pola pikir, bersikap, dan berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila yang Universal dan menjunjung tinggi toleransi demi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa serta perdamaian dunia. Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamin yaitu Profil Pelajar Pancasila di Madrasah yang mampu mewujudkan wawasan, pemahaman, dan perilaku taffaquh fiddin sebagaimana kekhasan kompetensi keagamaan di Madrasah, serta mampu berperan di tengah masyarakat sebagai sosok yang moderat, bermanfaat di tengah kehidupan masyarakat yang beragam serta berkontribusi aktif menjaga keutuhan dan kemulyaan negara dan bangsa Indonesia.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

1. Kegiatan kokulikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter.

2.    Pelaksanaan proyek dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.

3.    Proyek dapat dirancang secara terpisah atau terpadu dengan pembelajaran intrakurikuler.

4.   Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran proyek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler.

5.   Dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan proyek.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin

1. Kegiatan kokulikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter.

2.    Beriringan dan dapat disatukan dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

3.      Pelaksanaan dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.

4.      Proyek penguatan dirancang terpisah dari intrakurikuler.

5.      Madrasah dapat melakukan secara terpadu dengan pembelajaran intrakurikuler.

6.      Madrasah dapat melakukan secara terpadu dengan pembelajaran intrakurikuler.

7.   Dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan proyek.

Kegiatan dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin ini bersifat two in one yaitu bisa berjalan beriringan atau digabungkan mirip dengan Moderasi Beragama. Madrasah tinggal memilih mau membentuk karakter peserta didik yang mana dan seperti apa. Di Kementrian Agama tepatnya di Madrasah, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan  Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin  boleh berkolaborasi dengan kegiatan intrakulikuler atau ekstrakulikuler.

Profil Pelajar Pancasila di RA yaitu tema Profil Pelajar Pancasila Aku Sayang Bumi, Aku Cinta Indonesia, Bermain dan bekerja sama, Imajinasiku/Imajinasi dan kreativitasku. Proyek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin di RA difokuskan pada penanaman Moderasi Beragama yang dapat diimplementasikan melalui kegiatan yang terprogram dalam proses pembelajaran maupun pembiasaan dalam mendukung sikap-sikap moderat.

Profil Pelajar Pancasila di MI, MTs, dan MA mengambil alokasi waktu 20-30% dari total jam pelajaran selama 1 tahun dengan tema :

1.      Hidup Berkelanjutan,

2.      Kearifan Lokal,

3.      Bhineka Tunggal Ika,

4.      Bangunlah Jiwa dan Raganya,

5.      Demokrasi Pancasila

6.      Berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI

7.      Kewirausahaan

8.      Kebekerjaan

Tema-tema Proyek Penguatan Profil Pelajar Rahmatan Lil “alamin yang dapat dipilih dari nilai-nilai Moderasi Beragama :

1.      Berkeadaban (ta’adub)

2.      Keteladanan (qudwah)

3.      Kewarganegaraan dan Kebangsaan (muwatanah)

4.      Mengambil jalan tengah (tawassut)

5.      Berimbang (tawasut)

6.      Lurus dan Tegas (I’tidal)

7.      Kesetaraan (musawah)

8.      Musyawarah (syura)

9.      Toleransi (tasamuh)

10.  Dinamis dan Inovatif (tathawwur wa ibtikar)

 

Daftar Pustaka

https://youtu.be/NUsztsKbKjA

 

Biodata

Nurul Jubaedah lahir di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan  : D1 Akuntansi (1995), S1 PAI UNIGA ( 2001), S1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S2 PAI UIN SGD Bandung (2012). Prestasi : Pembimbing KIR : Membimbing 27 judul Karya Ilmiah Remaja kategori sosial budaya, menghantarkan peserta didik juara 1,2,3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat Provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat Nasional)  (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 di GTK Madrasah (2021), lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022). Karya : 3 buku solo, 20 buku  antologi (Januari-April 2022). Memiliki 540 konten pendidikan di canal youtube dan 80 artikel (Oktober 2021-Juni 2022). Blog http://nuruljubaedah6.blogspot.com/. Instagram (nj_78). Email :  nuruljubaedah6@gmail.com. Whatsapp : 081322292789.

6 komentar:

  1. Informasi yang manfaat. Terimakasih sudah berbagi. Tetap terus semangat menuju gerbang kesuksesan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung salam literasi

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih banyak atas supportnya salam literasi

      Hapus
  3. Kaya-kaya zaman orba ada proyek Profil pelajar Pancasila tuh. Dulu didengungkan sosok manusia Indonesia yg Pancasilais, namun kenyataan ganya sebatas jargon tanpa Makna sesungguhnya. Kayaknya juga bagus kalau di aparatur ada profil pejabat Pancasila ug anti manipulasi apalagi korupsi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya semoga sesuai dengan apa yang Kita harapkan maka dimulai dari anak didik kita untuk menyiapkan pejabat anti korupsi dimulai dari para pelajar generasi muda penerus bangsa

      Hapus

BAB VII Biografi Tokoh Pendiri Organisasi Keagamaan di Indonesia (Uji Kompetensi)

  Uji Kompetensi 1 Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (x) pada salah satu hurufa, b, c atau d pada ...