Kamis, 23 Maret 2023

(117) 5 Kisah Mengharukan

 5 Kisah Mengharukan

Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut)

Berikut ini kisah dalam Islam yang menginspirasi dan menggugah di antaranya: 

1. Kisah Hajar dan Ismail 

Kisah ini  tentang kesetiaan  istri Nabi Ibrahim, Hajar, ketika dia ditinggalkan di tengah padang pasir bersama putranya Ismail. Hajar tidak menyerah dan percaya bahwa Tuhan akan menyelamatkan mereka. Ketika air tiba-tiba muncul di dekat mereka, Hajar tahu  itu adalah hadiah dari Allah SWT. Tempat ini kemudian menjadi kota Mekkah dan Ka'bah, salah satu tempat paling suci Islam. 

 2. Kisah Nabi Yusuf 

Nabi Yusuf dikhianati oleh saudara-saudaranya yang iri dengan ketampanan dan kecerdasannya. Mereka melemparkan Yusuf ke dalam sumur dan memberi tahu ayahnya bahwa binatang telah memakan Yusuf. Namun, Yusuf selamat dan kemudian dijual sebagai budak di Mesir. Di sana ia mendapat kepercayaan dari raja Mesir dan menjadi penasehatnya. Belakangan, Yusuf bersatu kembali dengan keluarganya dan memaafkan saudara-saudaranya. 

 3. Kisah Nabi Muhammad 

Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir  Islam. Dia dianggap sebagai contoh sempurna dari kesalehan dan moralitas. Nabi Muhammad mengajarkan cinta, kemurahan hati dan kebaikan kepada semua orang, bahkan kepada mereka yang tidak menyukainya. 

 4. Kisah Bilal bin Rabah 

Bilal adalah seorang budak yang dihina dan disiksa oleh tuannya karena masuk Islam. Namun Bilal tetap bertahan dan akhirnya dilepas oleh Nabi Muhammad SAW. Bilal kemudian menjadi muadzin Islam pertama  dan dikenal sebagai salah satu sahabat Nabi yang paling setia. 

 5. Kisah Umar bin Khattab 

Umar pada awalnya adalah  musuh Islam yang sangat keras kepala. Namun, setelah melihat kebaikan Islam, ia kemudian masuk Islam dan menjadi khalifah kedua setelah Nabi Muhammad SAW. Umar dikenal sebagai khalifah yang adil dan bijaksana serta banyak melakukan perubahan positif dalam masyarakat Islam. 

Semua cerita ini memberikan inspirasi dan pelajaran tentang kesabaran, kekuatan iman dan kebaikan. 

Nilai Moral

Kesabaran, Keimanan, Kebaikan

Berikut ayat-ayat Alquran tentang kesabaran, iman dan kebaikan: 

1. Tentang Kesabaran: 

"Dan sesungguhnya Allah beserta orang yang sabar." (QS Al-Baqarah:153)

"Janganlah kamu berkata tentang orang-orang yang gugur di jalan Allah sebagai mati, bahkan mereka hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya." (QS Al-Baqarah:154)

"Dan sesungguhnya akan Kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar." (QS Al-Baqarah:155)

"Sesungguhnya orang-orang yang sabar akan dicukupkan pahala tanpa batas." (QS Az-Zumar:10)

2. Tentang Iman:

Katakanlah: "Hai manusia, sesungguhnya aku ini Rasul Allah kepadamu semua, yaitu Rasul yang diutus Allah kepada seluruh manusia, raja yang memerintah seluruh umat manusia, baik orang yang beriman maupun yang kafir, agar supaya hanya kepada Allah-lah kepunyaan segala yang di langit dan di bumi." (QS Al-A'raf:158)

"Barangsiapa yang mengharapkan bertemu dengan Allah maka sesungguhnya waktu yang ditetapkan oleh Allah itu akan datang. Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS Al-'Ankabut:5)

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman, yang mengerjakan amal yang saleh, maka mereka itu adalah sebaik-baik makhluk." (QS Al-Bayyinah:7)

3. Tentang Kebaikan: 

"Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang sombong lagi membanggakan diri." (QS Luqman:18)

"Dan janganlah kamu lupa berbuat kebajikan di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan." (QS Al-Baqarah:237)

"Dan tidaklah Kami mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam." (QS Al-Anbiya':107)

Semua ayat di atas memberikan pelajaran dan hikmah tentang kesabaran, keimanan dan kebaikan hati yang penting bagi setiap muslim  di dunia ini.


Daftar Pustaka

Bahjat, A., & Alkaf, M. (2003). Sejarah Nabi-Nabi Allah.

Katsir, I. I. (2001). Kisah para nabi. Pustaka Al-Kautsar. 

Mauluddin, M., Muttaqin, K., & Syafi’i, A. (2022). Ibrah Kisah Penolakan Nabi Yusuf Terhadap Ajakan Imra’at al-Aziz Perspektif Tafsir Maqashidi. Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran dan Tafsir, 5(1), 107-123.

Muflich, M. F. (2021). RASISME DALAM ISLAM (Peran Bilal bin Rabbah dalam Sejarah Peradapan Islam). FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 153-164.

Nasrulloh, M. (2020). Kisah-Kisah Inspiratif SAHABAT NABI. Aghitsna Publisher.


Biodata

Nurul Jubaedah, lahir di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan: D-1 Akuntansi (1995), S-1 PAI UNIGA (2001), S-1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S-2 PAI UIN SGD Bandung (2012).

Prestasi: Pembimbing KIR. Membimbing 27 judul karya ilmiah remaja kategori Sosial-Budaya, mengantarkan peserta didik juara 1, 2, 3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat nasional) (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 (2021), juara favorit guru berprestasi di GTK Madrasah (2022),  lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022 dan Januari 2023).

Karya: 6 buku solo, 25 buku antologi (Januari-April2023). Memiliki 900 konten pendidikan di kanal YouTube dan 130 artikel (Oktober 2021-April 2023).

Blog                : http://nuruljubaedah6.blogspot.com/

Instagram       : nj_78 

Surel               : nuruljubaedah6@gmail.com

WhatsApp      : 081322292789


4 komentar:

  1. Balasan
    1. Terima kasih banyak atas support dan kunjungannya ibu, salam Literasi

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih banyak atas support dan kunjungannya salam Literasi

      Hapus

P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif

  P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif pada Peserta Didik Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut) Dal...