Kamis, 23 Maret 2023

(118) Fatima

 Fatima

Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut)

Alkisah hiduplah seorang wanita Muslim bernama Fatima, yang berasal dari keluarga miskin. Namun, Fatima tetap gigih dan bertekad dalam mengejar pendidikan. Dia belajar keras setiap hari untuk meningkatkan kehidupannya dan keluarganya di masa depan.

Namun, Fatima harus menghadapi berbagai tantangan dan rintangan dalam perjalanannya. Ia sering diejek oleh teman-temannya karena berasal dari keluarga yang lebih lemah, dan sering dianggap tidak mampu melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Tetapi Fatimah tidak pernah menyerah. Ia terus belajar dengan rajin dan berdoa kepada Allah SWT untuk memberinya kekuatan dan keberanian untuk melanjutkan. Ia juga selalu mengingat kata-kata motivasi ibunya: "Jangan pernah menyerah, anakku. Di setiap kesulitan selalu ada berkah."

Akhirnya Fatima menyelesaikan pendidikannya dengan hasil yang sangat baik. Ia mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dan menjadi ahli di bidangnya. Fatima juga menjadi inspirasi bagi banyak wanita Muslim lainnya untuk tidak pernah menyerah dalam mengejar impian mereka, terlepas dari latar belakang dan tantangan yang mereka hadapi.

Nilai Moral

Tekad kuat, kerja keras, dan doa

Kisah Fatimah menunjukkan bahwa dengan tekad yang kuat, kerja keras dan doa yang tulus kepada Allah SWT, kita dapat mengatasi segala rintangan dan menjadi pribadi yang sukses dan berguna bagi orang lain.

1. "Dan orang-orang yang berusaha untuk mencari keridhaan Kami, tentulah Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan (yang menuju) kepada Kami." (QS. Al-Ankabut: 69)

Ayat ini menegaskan bahwa Allah membantu mereka yang memiliki tekad yang kuat untuk mencapai cita-citanya. Dengan kerja keras dan doa yang tulus, kita bisa menemukan jalan menuju kesuksesan dan kebahagiaan disana sini.

2. "Barangsiapa yang berjihad, maka sungguh dia berjihad untuk dirinya sendiri. Sesungguhnya Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu), sedangkan kamu semua adalah orang-orang yang memerlukan (pertolongan) dari-Nya." (QS. Al-Ankabut: 6)

Ayat ini menunjukkan bahwa kerja keras dan tekad kita yang kuat adalah untuk keuntungan kita sendiri. Dalam perjuangan, kita harus selalu percaya kepada Allah dan meminta bantuan-Nya dalam doa yang tulus.

3. "Dan orang-orang yang berjihad di jalan Kami, tentulah Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang berbuat baik." (QS. Al-Ankabut: 69)

Ayat ini menegaskan bahwa Allah selalu mendukung orang-orang yang berjuang di jalan-Nya. Dengan tekad yang kuat dan kerja keras yang terus menerus serta doa yang tulus kepada-Nya, kita bisa meraih kesuksesan dan keberkahan di dunia dan akhirat.


Daftar Pustaka

Fatmawati, E. (2022). Berperilaku Positif.

Mala, J. N. (2020). Manfaat Kisah Islam Dalam Menumbuhkan Akhlak Mulia Pada Diri Seseorang. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 9(1), 287-297.

Syurfah, A. (2015). Kisah Inspiratif Untuk Anak Muslim. CERDAS INTERAKTIF. ZAKARIA, K. Z. A. (2020). TAFSIR INSPIRASI: INSPIRASI DARI KITAB SUCI AL-QURAN.


Biodata

Nurul Jubaedah, lahir di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan: D-1 Akuntansi (1995), S-1 PAI UNIGA (2001), S-1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S-2 PAI UIN SGD Bandung (2012).

Prestasi: Pembimbing KIR. Membimbing 27 judul karya ilmiah remaja kategori Sosial-Budaya, mengantarkan peserta didik juara 1, 2, 3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat nasional) (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 (2021), juara favorit guru berprestasi di GTK Madrasah (2022),  lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022 dan Januari 2023).

Karya: 6 buku solo, 25 buku antologi (Januari-April2023). Memiliki 900 konten pendidikan di kanal YouTube dan 130 artikel (Oktober 2021-April 2023).

Blog                : http://nuruljubaedah6.blogspot.com/

Instagram       : nj_78 

Surel               : nuruljubaedah6@gmail.com

WhatsApp      : 081322292789


4 komentar:

  1. Balasan
    1. Terima kasih banyak atas support dan kunjungannya salam Literasi

      Hapus
  2. Sangat inspiratif tulisannya.. terutama penulisnya yg sudah menelorkan banyak buku...Mantap...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih banyak atas support dan kunjungannya. Salam Literasi!

      Hapus

P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif

  P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif pada Peserta Didik Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut) Dal...