Selasa, 24 Januari 2023

(102) Public Speaking : 5 Persamaan Guru dan MC

 Public Speaking : 5 Persamaan Guru dan MC

Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut)

Dengan keterampilan berbicara yang baik, guru yang cerdas dapat menangani situasi yang tidak terduga dengan lebih mudah. Selain itu, pentingnya keterampilan public speaking bagi guru adalah agar semua materi dan informasi yang disampaikan kepada peserta didik  lebih mudah dipahami dan diterima. 

Bagi seorang guru, berbicara adalah salah satu keterampilan yang harus diperoleh dan  terus dikembangkan. Hal ini dikarenakan keterampilan berbicara di depan umum berguna untuk memudahkan guru menyampaikan informasi kepada peserta didik sehingga peserta didik dapat memahami mata pelajaran dengan sebaik mungkin .

Peran guru dalam mendorong kemampuan berbicara kepada peserta didik peserta didik adalah membangkitkan minat peserta didik dalam berbicara, sehingga peserta didik berani  mengungkapkan pendapat atau pemikirannya kepada orang lain sesuai dengan kegiatannya sehari-hari.

Guru sebagai pendidik, perlu  menguasai ilmu berbicara  sehingga mengajak dan membimbing peserta didik tidak lagi membosankan atau mengintimidasi. Dengan bekal ilmu dan pengetahuan bertutur, diharapkan guru mampu mendidik dengan cara yang menyenangkan.

Pembawa acara (MC), termasuk pidato termasuk public speaking. Guru memiliki modal awal untuk meningkatkan keterampilan MC dengan berbicara di depan umum. Dalam bahasa MC berarti “manajer acara, manajer program”. Oleh karena itu MC adalah orang yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan acara dan bertanggung jawab atas kelancaran dan kesuksesan acara tersebut.

Pengalaman saya menjadi MC :

1. MC pelepasan kelas IX di MTs Al Hidayah Karoya Tahun 2012

2. MC pelepasan kelas IX di MTs Negeri 2 Garut Tahun 2013, 2014, dan 2021

3. MC workshop Nasional penyusunan soal UAMBNBK KSKK Madrasah RI Tahun 2018

4. MC PKB Kepala Madrasah se KKM 2 dan 4 Tahun 2022

5. MC Zona Integritas di MTsN 2 Garut Desember Tahun 2022

Bagaimankah korelasi antara public speaking (MC) dengan guru sebagai seorang pendidik?. Berikut adalah penjelasannya.

5 Persamaan Guru dengan MC

1. Profesionalisme

Guru dan MC mampu melakukan tugas pokok dengan yakin, mandiri, berdedikasi, dan bersosialisasi. Salah satu faktor yang sangat penting dan sangat berpengaruh dalam terwujudnya tujuan pendidikan Indonesia adalah profesionalisme guru  dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan.

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran sedemikian rupa sehingga peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk mencapai jiwa keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukannya bagi dirinya sendiri, untuk masyarakat dan bangsa. 

Guru merupakan faktor utama dalam terwujudnya keberhasilan pendidikan. Tanpa partisipasi aktif guru, pendidikan  merosot tajam. Oleh karena itu idealnya guru harus profesional dan memiliki kompetensi  pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial untuk meningkatkan mutu pendidikan.

2. Performance 

Guru dan MC mampu menampilkan yang terbaik dari segi penampilan. Penampilan yang baik dan menarik juga menjadi tugas guru untuk menciptakan suasana di dalam kelas yang menarik perhatian peserta didik dalam proses belajar mengajar. 

Minat belajar peserta didik sangat dipengaruhi tidak hanya oleh pengetahuan, tetapi juga oleh penampilan guru, karena menurut mereka penampilan guru yang menarik membuat situasi belajar menjadi menarik dan menyenangkan, demikian pula penampilan setiap guru dimanapun dia berada.

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang guru dalam berpenampilan ketika menjelaskan materi pembelajaran ataupun sedang membawakan acara bagi MC secara tatap muka : ekspresi wajah, bahasa tubuh, tutur kata, kebersihan, kerapian, rias wajah, pakaian, sikap, tingkah laku dan gerakan tangan.

3. Personality 

Guru dan MC memiliki kepribadian yang baik. Kepribadian seorang guru dengan kualitas pendidikan dapat dilihat sebagai indikasi keberhasilan peserta didik dan guru itu sendiri. Guru yang memiliki kepribadian yang baik memberikan kontribusi yang besar terhadap perkembangan karakter peserta didik. 

Kepribadian  guru juga menentukan keberhasilan peserta didiknya. Apakah kepribadian yang baik dari seorang guru akan mengantarkan peserta didiknya pada kesuksesan dalam mencapai cita-citanya, atau malah menghancurkan masa depan peserta didik tersebut? 

Indikator kuantitatif dari kepribadian seorang guru adalah motivasi berprestasi peserta didik. Bukti kualitatif dari kepribadian guru adalah kondisi moral peserta didik. Bukti lainnya adalah aspek kepribadian guru sangat mempengaruhi semangat peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

4. Skill 

Guru dan MC memiliki keahlian dalam berbicara yang baik. Guru yang berkualitas dapat meningkatkan kualitas pengajaran. Efektivitas guru merupakan salah satu faktor terpenting yang menentukan keberhasilan pembelajaran di sekolah. Terkait dengan peningkatan kualifikasi guru dalam  profesi sebagai guru. 

Guru memiliki peran penting dalam dunia pendidikan, namun guru juga harus memiliki kemampuan untuk menunjang kegiatan pembelajaran agar dapat terlaksana dengan baik. Ini tentang kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. 

Tentunya MC juga perlu memiliki kepercayaan diri untuk dapat berfungsi secara maksimal. Apalagi pas pertama kali jadi MC, yang penting berani  dulu. Ada acara yang menawarkan MC, meski dadakan, ajak juga.MC 

Keahlian yang harus dimiliki pembawa acara adalah sebagai berikut : (1) Percaya diri (2) Belajar berbicara di luar naskah. (3) Bekerja dengan tim teknologi dan suara.(4) Menguasai diri sendiri (5) Penguasaan materi.(6) Memiliki ciri khas. (7) Mampu berkomunikasi dengan baik. (8) Mampu berbicara dengan bahasa yang tepat. (9) Memiliki wawasan yang luas.(10) Kemampuan berpikir kritis. 

5. Manager   

Guru dan MC mengatur lingkungan agar tetap kondusif. Guru menciptakan  proses belajar mengajar yang baik. Seorang guru harus bisa menciptakan suasana kelas yang efektif sehingga peserta didik dapat belajar dengan nyaman. 

MC memandu dan mengendalikan jalannya sebuah acara. MC yang baik harus bisa memastikan jalannya sebuah acara sesuai dengan rencana. MC harus memahami dan menguasai proses dan detail sebuah acara.

Penulis mengakhiri tulisan ini dengan beberapa surat dan ayat yang mengkorelasikan antara profesi Guru dan MC, keduanya merupakan pekerjaan yang mulia lagi terhormat sebagaimana Al-Quran menjelaskan sebagai berikut. Artinya: “Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain.” Allah SWT juga berfirman yang artinya: “Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri” (QS. Al-Isra:7).

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf  dan mencegah dari yang mungkar.” (QS. Ali-Imran/3: 110). Surat Al-Isra’ ayat 7 yang berbunyi, “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri.” Apa yang baik untuk orang lain juga baik untuk kita. Di sisi lain, melakukan kejahatan kepada orang lain membawa kejahatan bagi semua yang melakukannya.

Daftar Pusaka

Kristanto, R., Sudarwanto, S., & Kurniawati, W. (2020). Public speaking serta teknik ice breaking dan mc sebagai upaya pengajaran yang menarik. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 127-132.

Maesaroh, S. (2014). Urgensi Public Speaking Terhadap Kinerja Guru.

Oktavianti, R., & Rusdi, F. (2019). Belajar public speaking sebagai komunikasi yang efektif. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1).

Sirait, C. B. (2016). The power of public speaking. Elex Media Komputindo.

Biodata

Nurul Jubaedah lahir di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan  : D1 Akuntansi (1995), S1 PAI UNIGA ( 2001), S1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S2 PAI UIN SGD Bandung (2012). Prestasi : Pembimbing KIR : Membimbing 27 judul Karya Ilmiah Remaja kategori sosial budaya, menghantarkan peserta didik juara 1,2,3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat Provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat Nasional)  (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 di GTK Madrasah (2021) dan juara favorit (2022), lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022). Karya : 4 buku solo, 25 buku  antologi (Januari 2021 -Januari 2023). Memiliki 750 konten pendidikan di canal youtube dan 101 artikel (Oktober 2021-Januari 2023). Blog :  http://nuruljubaedah6.blogspot.com/. Instagram (nj_78). Email :  nuruljubaedah6@gmail.com. Whatsapp : 081322292789.


2 komentar:

  1. Balasan
    1. Terima kasih banyak sudah berkunjung dan memberikan semangat. SALAM LITERASI

      Hapus

P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif

  P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif pada Peserta Didik Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut) Dal...