Sabtu, 01 April 2023

(122) Kisah Bulying di Madrasah

 

Kisah Bulying di Madrasah

Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag

(Guru SKI di MTsN 2 Garut)

Bullying atau intimidasi adalah  kekerasan yang terus menerus ditujukan kepada orang lain, baik secara fisik maupun mental. Bullying bisa terjadi di mana saja, termasuk di madrasah atau lembaga pendidikan Islam.

Contohnya adalah kisah seorang peserta didik madrasah yang di-bully oleh beberapa peserta didik lainnya. Pengganggu tertawa, meremehkan dan bahkan melecehkan secara fisik  para peserta didik ini.

Sulit bagi gadis itu untuk memberi tahu guru atau orang tuanya tentang situasinya karena dia takut sesuatu yang lebih buruk akan terjadi. Namun, suatu hari, salah satu pengganggu mengalami kesulitan belajar dan meminta bantuan peserta didik tersebut. Gadis itu tidak bisa menolak dan akhirnya membantunya.

Kejadian ini membuka hati para pelaku bully untuk mengubah perilaku mereka terhadap para peserta didik tersebut. Mereka meminta maaf dan meminta gadis itu untuk menjadi teman mereka.

Akhirnya teman-teman menerima peserta didik tersebut kembali dan suasana di madrasah membaik. Kisah ini mengajarkan bahwa mengatasi perundungan tidak selalu harus sulit.

Terkadang, dengan kebijaksanaan, kesopanan, dan kebaikan hati, kita dapat menyelesaikan masalah  tanpa menggunakan kekerasan. Kita juga harus memberikan dukungan dan kasih sayang kepada korban bullying untuk membantu mereka mengatasi trauma dan kembali merasa nyaman di lingkungan madrasah.

 

Nilai Moral

Keburukan dibalas dengan Kebaikan

Dalam Al-Qur'an, terdapat ayat yang menyatakan tentang membalas keburukan dengan kebaikan. Ayat tersebut adalah sebagai berikut:

"Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya." (QS. Al-Maidah: 2)

Ayat ini mengajarkan pentingnya  saling tolong-menolong dalam berbuat kebaikan dan kesalehan serta menjauhi perbuatan dosa dan pelanggaran. Selain itu, ayat ini juga mengajarkan bahwa balas dendam tidak selalu merupakan solusi yang baik untuk menghadapi kejahatan. Sebaliknya, membalas kejahatan dengan kebaikan bisa menjadi cara yang lebih efektif untuk menciptakan kedamaian dan keharmonisan dalam hubungan sosial.

Dalam beberapa hadits Nabi SAW juga disebutkan tentang pentingnya untuk membalas keburukan dengan kebaikan. Sebagai contoh, dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah seseorang yang memaafkan dan menghindari permusuhan melainkan Allah akan memberinya pahala yang besar." (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari ayat dan hadits di atas, kita dapat belajar bahwa penting untuk selalu berusaha berbuat baik dan menghindari kejahatan dalam hubungan sosial kita. Ketika kita dianiaya oleh orang lain, alih-alih melawan dengan kekerasan atau permusuhan, kita harus mencoba melawan dengan kebaikan dan pengampunan. Dengan cara ini kita dapat menciptakan perdamaian dan menghindari  konflik yang lebih besar.

 

Daftar Pustaka

Hamsa, H., Irwan, M., Yusma, M., Hidayah, N., Suwandi, S., Samliana, S., ... & Fitrianingsih, F. (2020). Kisah-Kisah Inspiratif.

Koespradono, G. (2008). Kick Andy: Kumpulan Kisah Inspiratif (Vol. 1). Bentang Pustaka.

Lusli, M. M., Prasetyo, F. A., & Irwanto, I. (2012). Kisah Inspiratif Orang-orang Luar Biasa.

 

Biodata

Nurul Jubaedah, lahir di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan: D-1 Akuntansi (1995), S-1 PAI UNIGA (2001), S-1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S-2 PAI UIN SGD Bandung (2012).

Prestasi: Pembimbing KIR. Membimbing 27 judul karya ilmiah remaja kategori Sosial-Budaya, mengantarkan peserta didik juara 1, 2, 3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat nasional) (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 (2021), juara favorit guru berprestasi di GTK Madrasah (2022),  lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022 dan Januari 2023).

Karya: 6 buku solo, 25 buku antologi (Januari-April2023). Memiliki 900 konten pendidikan di kanal YouTube dan 150 artikel (Oktober 2021-April 2023).

Blog                http://nuruljubaedah6.blogspot.com/

Instagram       : nj_78 

Surel               nuruljubaedah6@gmail.com

WhatsApp      : 081322292789

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif

  P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif pada Peserta Didik Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut) Dal...