Sabtu, 01 April 2023

(121) Kisah Keluarga Miskin

                                                         Kisah Keluarga Miskin

Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag

(Guru SKI di MTsN 2 Garut)

                                             

Dahulu kala di sebuah desa kecil di Indonesia hiduplah sebuah keluarga miskin yang terdiri dari seorang ibu, ayah, dan tiga anak. Mereka tinggal di rumah kayu kecil beratap daun kelapa.

Setiap tahun saat Ramadhan tiba, keluarga berpuasa dengan ikhlas, meski makanan mereka hanya terdiri dari nasi dan sayur yang sangat sederhana. Apapun itu, mereka selalu berusaha berbagi dengan orang lain yang kurang beruntung.

Suatu hari, saat bulan Ramadhan hampir usai, keluarga tersebut kedatangan tamu tak terduga. Seorang pria datang dari kota dan meminta tempat tinggal. Ibu dan ayah dengan tulus menyambut para tamu dan menyiapkan semua yang mereka miliki untuk makan malam.

Tetapi mereka tidak memiliki cukup makanan untuk memberi makan tamu mereka. Karena berpuasa, mereka tidak bisa menyiapkan makanan lagi untuk makan malam. Ketika para tamu datang, keluarga menyesal karena mereka tidak memiliki banyak hal untuk ditawarkan. Namun, tamu tersebut memuji kebaikan keluarga tersebut dan memuji kebersihan rumahnya.

Keesokan paginya, tamu tersebut memberikan uang kepada keluarga tersebut sebagai ucapan terima kasih atas keramahan mereka. Keluarga sangat senang dan mengucapkan terima kasih kepada tamu tersebut. Dengan uang itu, mereka bisa membeli lebih banyak makanan enak untuk makan malam hari itu.

Meski hidup mereka miskin dan sederhana, keluarga selalu berusaha melakukan yang terbaik dan berbagi dengan sesama. Mereka mengikuti ajaran agama dengan penuh keikhlasan dan berharap suatu saat Tuhan memberkati mereka dalam segala perjuangan mereka.

Nilai Moral

Melayani Tamu dengan ramah dan ikhlas

Berikut adalah salah satu ayat Al-Quran yang menunjukkan pentingnya ramah menyambut tamu:

 

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

 

Artinya: "Dan sembahlah Allah, janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada ibu bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, dan teman sejawat, dan orang yang di jalan dan kepada hamba sahaya yang kamu miliki. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membangga-banggakan diri." (QS. An-Nisa': 36)

 

Ayat di atas menunjukkan bahwa Allah mengajarkan umatnya untuk berbuat baik kepada sesamanya, termasuk menerima tamu dengan ramah. Hal itu menunjukkan betapa pentingnya bersikap baik dan ramah kepada orang lain, terutama ketika seseorang mengunjungi rumah kita.

 

Daftar Pustaka

Hamsa, H., Irwan, M., Yusma, M., Hidayah, N., Suwandi, S., Samliana, S., ... & Fitrianingsih, F. (2020). Kisah-Kisah Inspiratif.

Koespradono, G. (2008). Kick Andy: Kumpulan Kisah Inspiratif (Vol. 1). Bentang Pustaka.

Lusli, M. M., Prasetyo, F. A., & Irwanto, I. (2012). Kisah Inspiratif Orang-orang Luar Biasa.

 

Biodata

Nurul Jubaedah, lahir di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan: D-1 Akuntansi (1995), S-1 PAI UNIGA (2001), S-1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S-2 PAI UIN SGD Bandung (2012).

Prestasi: Pembimbing KIR. Membimbing 27 judul karya ilmiah remaja kategori Sosial-Budaya, mengantarkan peserta didik juara 1, 2, 3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat nasional) (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 (2021), juara favorit guru berprestasi di GTK Madrasah (2022),  lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022 dan Januari 2023).

Karya: 6 buku solo, 25 buku antologi (Januari-April2023). Memiliki 900 konten pendidikan di kanal YouTube dan 150 artikel (Oktober 2021-April 2023).

Blog                http://nuruljubaedah6.blogspot.com/

Instagram       : nj_78 

Surel               nuruljubaedah6@gmail.com

WhatsApp      : 081322292789

 





2 komentar:

P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif

  P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif pada Peserta Didik Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut) Dal...