Selasa, 04 April 2023

(123) Amanda Anak Panti yang Sukses

 

Amanda Anak Panti yang Sukses

Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag.

(Guru SKI di MTsN 2 Garut)

Ada banyak kisah anak panti asuhan yang menderita namun berhasil di masa depan. Salah satu kisah inspiratif adalah kisah hidup Amanda, seorang  yatim piatu yang dibesarkan di panti asuhan sejak kecil.

Dia berhasil meskipun kehilangan orang tuanya pada usia 6 tahun dan harus tinggal bersama saudara-saudaranya di panti asuhan. Hidup di panti asuhan tidaklah mudah bagi Amanda, ia harus mengandalkan bantuan orang lain untuk  makan, tidur dan belajar.

Namun Amanda tidak pernah menyerah dan selalu berusaha untuk mencapai tujuannya. Ia rajin belajar dan mengikuti berbagai kegiatan di panti asuhan. Amanda juga bisa aktif mengikuti lomba di luar panti, seperti lomba menyanyi dan menulis.

Berkat tekadnya, Amanda mampu meraih berbagai prestasi di bidang seni dan akademisi. Ia menjadi juara di beberapa kompetisi dan mendapat beasiswa untuk melanjutkan studinya di universitas.

Setelah lulus kuliah, Amanda kembali ke panti asuhan untuk membantu anak-anak lain yang bernasib sama dengannya. Ia membuka les privat untuk membantu anak-anak  panti asuhan belajar dan menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan anak-anak.

Biografi Amanda adalah bukti bahwa kesuksesan bukan hanya hasil dari keberuntungan, tetapi juga hasil dari usaha dan kerja keras. Meski menderita di masa kanak-kanak, ia mampu mencapai kesuksesan dan berbuat baik kepada orang lain. Dia adalah inspirasi bagi banyak orang yang menghadapi kesulitan dalam hidup mereka.

Nilai Moral dan Spiritual

Berikut adalah beberapa ayat Al-Quran tentang kerja keras dan usaha:

"Sesungguhnya Allah tidak mengubah nasib suatu kaum sehingga mereka mengubah nasib yang ada pada diri mereka sendiri." (Ar-Ra'd: 11)

Artinya: Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum hingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.

"Dan barangsiapa yang berusaha, maka sesungguhnya hanya untuk (mencapai) kemanfaatannya sendiri. Dan hanya kepada Allahlah kembali kamu sekalian, kemudian diberitahukan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan." (An-Nahl: 53)

Artinya: Barangsiapa yang berusaha, maka hanya untuk dirinya sendiri. Dan hanya kepada Allah-lah kembali kamu semua, kemudian diberitahukan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.

"Maka apabila kamu telah menyelesaikan suatu urusan, kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain." (Ash-Shaffat: 142-143)

Artinya: Maka apabila kamu telah menyelesaikan suatu urusan, kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain.

"Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka bagi mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, itulah kemenangan yang besar." (Al-Buruj: 11)

Artinya: Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka bagi mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, itulah kemenangan yang besar.

Daftar Pustaka

Hamsa, H., Irwan, M., Yusma, M., Hidayah, N., Suwandi, S., Samliana, S., ... & Fitrianingsih, F. (2020). Kisah-Kisah Inspiratif.

Koespradono, G. (2008). Kick Andy: Kumpulan Kisah Inspiratif (Vol. 1). Bentang Pustaka.

Lusli, M. M., Prasetyo, F. A., & Irwanto, I. (2012). Kisah Inspiratif Orang-orang Luar Biasa.

 

Biodata

Nurul Jubaedah, lahir di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan: D-1 Akuntansi (1995), S-1 PAI UNIGA (2001), S-1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S-2 PAI UIN SGD Bandung (2012).

Prestasi: Pembimbing KIR. Membimbing 27 judul karya ilmiah remaja kategori Sosial-Budaya, mengantarkan peserta didik juara 1, 2, 3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat nasional) (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 (2021), juara favorit guru berprestasi di GTK Madrasah (2022),  lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022 dan Januari 2023).

Karya: 6 buku solo, 25 buku antologi (Januari-April2023). Memiliki 900 konten pendidikan di kanal YouTube dan 150 artikel (Oktober 2021-April 2023).

Blog                http://nuruljubaedah6.blogspot.com/

Instagram       : nj_78 

Surel               nuruljubaedah6@gmail.com

WhatsApp      : 081322292789

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif

  P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif pada Peserta Didik Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut) Dal...