Kamis, 06 April 2023

(127) Kisah Gadis Muda Filantropi

 

Kisah Gadis Muda Filantropi

Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag

(Guru SKI di MTsN 2 Garut)

Pernah hidup seorang gadis muda yang sangat bahagia dengan hidupnya. Dia memiliki keluarga yang penuh kasih dan teman-teman yang baik. Namun suatu hari, gadis itu jatuh sakit dengan penyakit yang sangat serius dan dokter memberi tahu dia bahwa dia hanya memiliki beberapa bulan lagi untuk hidup.

Gadis itu sangat sedih dan merasa putus asa. Dia merasa bahwa hidupnya sudah berakhir sebelum dia bisa mewujudkan mimpinya. Dia merenungkan hidupnya dan menyadari bahwa dia benar-benar belum menjalani hidupnya sepenuhnya.

Dia memutuskan untuk menggunakan waktunya untuk melakukan hal-hal yang selalu ingin dia lakukan. Dia mulai menulis buku tentang pengalamannya dan bagaimana dia mencoba menemukan arti hidup yang sebenarnya. Dia juga mulai bekerja dengan organisasi amal dan membantu orang miskin.

Meski merasa sakit dan lemah, ia merasa hidupnya lebih berarti dari sebelumnya. Dia menemukan kebijaksanaan dalam penderitaannya dan memutuskan untuk menggunakan waktunya untuk melakukan hal-hal yang benar-benar penting dalam hidupnya.

Beberapa bulan kemudian, gadis itu meninggal. Namun, pengaruhnya tetap hidup melalui buku-buku yang dia tulis dan filantropinya. Orang-orang yang dia temui sepanjang hidupnya terinspirasi oleh keberanian dan kekuatannya dalam menghadapi kematian.

Kisah ini mengajarkan kita bahwa hidup itu berharga dan penting untuk dijalani dengan sepenuh hati. Kita tidak pernah tahu kapan waktu kita akan berakhir, jadi kita perlu memanfaatkan waktu kita sebaik-baiknya dan melakukan hal-hal yang benar-benar berarti bagi kita. Meski hidup tidak selalu mudah, kita harus tetap berjuang dan menemukan kebijaksanaan dalam penderitaan kita.

Nilai Moral dan Spiritual

Berikut adalah salah satu ayat Al-Quran tentang memanfaatkan usia selagi masih hidup:

"Dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai. Dan beribadahlah kepada Tuhanmu sampai datang kepadamu ajal yang pasti." [QS. Al-Hijr: 99-100]

Ayat ini mengajarkan kita untuk tidak berpuas diri atau terlena dalam hidup kita dan  terus beribadah dan menggunakan waktu yang  masih kita miliki dalam hidup karena  kematian pasti akan datang dan kita tidak tahu kapan waktu itu tiba.

Daftar Pustaka

Hamsa, H., Irwan, M., Yusma, M., Hidayah, N., Suwandi, S., Samliana, S., ... & Fitrianingsih, F. (2020). Kisah-Kisah Inspiratif.

Koespradono, G. (2008). Kick Andy: Kumpulan Kisah Inspiratif (Vol. 1). Bentang Pustaka.

Lusli, M. M., Prasetyo, F. A., & Irwanto, I. (2012). Kisah Inspiratif Orang-orang Luar Biasa.

 

Biodata

Nurul Jubaedah, lahir di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan: D-1 Akuntansi (1995), S-1 PAI UNIGA (2001), S-1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S-2 PAI UIN SGD Bandung (2012).

Prestasi: Pembimbing KIR. Membimbing 27 judul karya ilmiah remaja kategori Sosial-Budaya, mengantarkan peserta didik juara 1, 2, 3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat nasional) (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 (2021), juara favorit guru berprestasi di GTK Madrasah (2022),  lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022 dan Januari 2023).

Karya: 6 buku solo, 25 buku antologi (Januari-April2023). Memiliki 900 konten pendidikan di kanal YouTube dan 150 artikel (Oktober 2021-April 2023).

Blog                http://nuruljubaedah6.blogspot.com/

Instagram       : nj_78 

Surel               nuruljubaedah6@gmail.com

WhatsApp      : 081322292789

 

6 komentar:

  1. Inspiratif sekali ibu....👍🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak atas support dan kunjungannya. Salam Literasi1

      Hapus
  2. Super sekali ibu. Langsung menusuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak atas kunjungannya. Salam Literasi!

      Hapus
  3. Lanjutkan dan tetap istikamah dalam menulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap laksanakan. Terima kasih atas support dan kunjungannya ibu, salam literasi!

      Hapus

P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif

  P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif pada Peserta Didik Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut) Dal...