Selasa, 04 April 2023

(126) Budi : Bangkit dari Putus Asa

 

Budi : Bangkit dari Putus Asa

Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag.

(Guru SKI di MTsN 2 Garut)

Budi, seorang remaja  yang merasa putus asa dalam hidup. Dia merasa bahwa hidupnya tidak memiliki arah dan tidak ada yang penting baginya. Budi sering merasa kesepian dan kesulitan menemukan makna dalam hidupnya. 

Budi mencoba berbagai cara untuk merasa lebih baik, seperti berolahraga, berbicara dengan teman, dan mencoba hobi baru. Namun, ia merasa bahwa semua hal tersebut tidak mengubah perasaannya secara signifikan.

Suatu hari Budi menemukan  buku "How to change your life in 30 days". Dia mulai membaca buku itu dan mendapat banyak inspirasi dan motivasi untuk mengubah hidupnya. Budi mulai menerapkan berbagai aktivitas kecil yang direkomendasikan dalam buku tersebut, seperti melakukan aktivitas baru setiap hari dan mengevaluasi pikiran negatifnya.

Seiring  waktu, Budi mulai merasa lebih baik. Dia merasa lebih bersemangat tentang hidupnya dan mulai menemukan tujuan hidupnya. Ia mulai memperhatikan hal-hal yang membuatnya bahagia dan mulai fokus pada pencapaian-pencapaian kecil yang ia buat.

Setelah 30 hari, Budi merasa hidupnya  berubah  drastis. Dia merasa lebih bahagia dan lebih bersemangat tentang hidupnya. Dia juga menemukan tujuan hidupnya dan mulai bergerak menuju mimpinya.

Kisah Budi menunjukkan bahwa meski terkadang kita merasa putus asa dalam hidup, ada banyak cara untuk bangkit. Hal-hal kecil seperti membaca buku atau melakukan aktivitas baru dapat memberikan inspirasi dan motivasi untuk mengubah hidup kita. Budi juga menyadari bahwa setiap orang memiliki tujuan hidup dan meskipun kadang-kadang sulit, itu bukan tidak mungkin.

Nilai Moral dan Spiritual

Berikut adalah beberapa ayat Al-Quran yang berkaitan dengan bangkit dari putus asa:

"Dan janganlah kamu merasa lemah, dan janganlah kamu bersedih hati, padahal kamu orang-orang yang paling tinggi derajatnya, jika kamu orang-orang yang beriman." (QS. Ali Imran: 139)

Artinya: Ayat ini mengajarkan  kita untuk tidak merasa lemah atau putus asa dalam menghadapi kehidupan yang sulit. Kita harus yakin bahwa dengan iman yang kuat, Allah SWT akan memberikan kemudahan dan kesuksesan.

"Dan barang siapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupi (segala keperluan)nya." (QS. At-Talaq: 3)

Artinya: Ayat ini mengajarkan  kita untuk selalu bertawakal kepada Allah SWT dan percaya bahwa Dia akan memberikan semua yang kita butuhkan. Bertawakal kepada Allah, kita bisa bangkit dari keputusasaan.

"Sesungguhnya, bersama kesulitan ada kemudahan." (QS. Al-Insyirah: 5)

Artinya: Ayat ini mengajarkan bahwa setiap kesulitan pasti ada kemudahan. Kita harus memiliki tekad dan semangat untuk terus berjuang dan yakin bahwa Allah SWT akan memberikan pelipur lara dan jalan keluar dari segala permasalahan yang kita hadapi.

"Dan siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan Dia akan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya." (QS. Ath-Thalaq: 2-3)

Artinya: Ayat ini mengajarkan bahwa Allah SWT memberikan jalan keluar dari segala permasalahan bagi orang-orang yang bertaqwa dan selalu bergantung kepada-Nya. Kita harus percaya bahwa Tuhan menawarkan jalan keluar yang tidak terduga, bahkan saat kita  merasa putus asa.

"Katakanlah: Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya, Allah akan mengampuni semua dosa. Sesungguhnya, Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Az-Zumar: 53)

Artinya: Ayat ini mengajarkan bahwa tidak ada orang yang terlalu berdosa untuk tidak menerima rahmat Allah SWT. Kita harus selalu percaya bahwa Tuhan akan mengampuni dosa-dosa kita dan memudahkan kita untuk bangkit dari keputusasaan.

Daftar Pustaka

Hamsa, H., Irwan, M., Yusma, M., Hidayah, N., Suwandi, S., Samliana, S., ... & Fitrianingsih, F. (2020). Kisah-Kisah Inspiratif.

Koespradono, G. (2008). Kick Andy: Kumpulan Kisah Inspiratif (Vol. 1). Bentang Pustaka.

Lusli, M. M., Prasetyo, F. A., & Irwanto, I. (2012). Kisah Inspiratif Orang-orang Luar Biasa.

 

Biodata

Nurul Jubaedah, lahir di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan: D-1 Akuntansi (1995), S-1 PAI UNIGA (2001), S-1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S-2 PAI UIN SGD Bandung (2012).

Prestasi: Pembimbing KIR. Membimbing 27 judul karya ilmiah remaja kategori Sosial-Budaya, mengantarkan peserta didik juara 1, 2, 3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat nasional) (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 (2021), juara favorit guru berprestasi di GTK Madrasah (2022),  lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022 dan Januari 2023).

Karya: 6 buku solo, 25 buku antologi (Januari-April2023). Memiliki 900 konten pendidikan di kanal YouTube dan 150 artikel (Oktober 2021-April 2023).

Blog                http://nuruljubaedah6.blogspot.com/

Instagram       : nj_78 

Surel               nuruljubaedah6@gmail.com

WhatsApp      : 081322292789

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif

  P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif pada Peserta Didik Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut) Dal...