Kamis, 07 Oktober 2021

(2) Penerapan Nilai-nilai Pancasila pada Peserta Didik

ABSTRAK

 

Nurul Jubaedah, 2020, PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTAKURIKULER KARYA ILMIAH REMAJA (KIR) DI MTsN 2 GARUT

Keyword, Nilai-nilai Pancasila, Karya Ilmiah Remaja (KIR)

 

Bagaimana cara anggota Karya Ilmiah Remaja (KIR) bekerja sehingga bisa solid dalam waktu lima bulan?, bagaimana cara mereka bisa menembus jalur kompetisi tingkat Nasional? Sementara sekolah yang lain ada yang sudah berpengalaman bahkan ada pembimbing Karya Ilmiah Remaja (KIR) yang sudah aktif mulai tahun 1995 dan MTsN 2 Garut baru saja memulainya tahun pelajaran 2019/2020. Meskipun belum menjadi juara tetapi anggota Karya Ilmiah Remaja (KIR) MTsN 2 Garut bisa bersaing dengan peserta perwakilan yang ada di Indonesia. Dan yang lebih mengesankan lagi bahwa pesertanya bersaing dengan SMP bukan hanya MTs. artinya adalah bahwa perjuangan ini pasti memiliki kunci sukses.

Metode atau Langkah yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah adalah Adanya masalah yang jelas untuk dipecahkan, Mencari data atau keterangan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut,  Menetapkan jawaban sementara dari masalah tersebut. Menguji kebenaran jawaban sementara tersebut,  Menarik kesimpulan.

Melalui penerapan perilaku yang mencerminkan sila ketiga pancasila, QS. Al Mudatsir ayat 1-7, QS. An Nahl, 16:53-54, dan QS. Ar-Ra'd: 1 dalam kegiatan ekstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR)  maka delapan judul Penelitian dapat dilaksanakan dengan optimal di bidang IPS (sosial humaniora, sejarah,dan  budaya). Kompetisi yang telah diikuti adalah sebagai berikut :1. LKTI ASC di Tasikmalaya, 2. LKTI LIPI di Jakarta,  3. LKTI CYS di Bandung. Hasil yang sudah dicapai adalah juara ke enam LKTI ASC di Tasikmalaya tingkat Nasional, telah mendaftar sebanyak 6 judul penelitian ke LIPI dan sedang menunggu pengumuman pada bulan Juli 2020, serta yang terakhir adalah LKTI CYS. Mereka mendaftarkan diri sebanyak 4 judul penelitian di Tingkat Jawa Barat. Hasil yang akan mereka peroleh akan sesuai dengan proses yang telah mereka kerjakan. Penulis berharap yang terbaik dengan memaksimalkan doa dan ikhtiar.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif

  P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif pada Peserta Didik Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut) Dal...