(Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag Guru SKI di MTsN 2
Garut)
Menjadi guru yang
dinamis sebaiknya tetap melakukan inovasi dari tahun ke tahun agar tercipta
kemajuan yang produktif. Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan mata pelajaran
yang kompleks mengingat begitu banyak kendala didalamnya. Setelah 22 tahun
mengajar SKI di tingkat MTs saya merasa belum banyak melakukan perubahan yang
signifikan, perbaikan terasa masih monoton, dan flat.
Peserta didik pun
hanya memahami materi secara tekstual meskipun beberapa metode pembelajaran
riset sudah pernah saya terapkan dan dikolaborasikan dengan SKI. Namun demikian
progam tersebut baru diterapkan di kelas unggulan saja. Maka dari itu mulai
saat ini saya akan merombak dan mengatur kembali pedagogik pembelajaran SKI
untuk tahun pelajaran 2022/2023 supaya tercipta sebuah penyegaran.
Merdeka belajar
sudah diterapkan sedemiakian rupa sehingga dalam variasi pembelajaran baik metode
maupun model pembelajaran SKI beberapa sudah pernah diaplikasikan. Sebagai
bukti fisik salah satu diantaranya adalah 540 konten pendidikan yang terdapat
di canal youtube https://youtube.com/channel/UCwC7RX8Z6weqEkgDtfIVoiw.
Mulai dari materi Bab I sampai bab VII semester ganjil dan genap khusus kelas
IX ada di playlist.
Literasi digital
baik yang dibuat oleh saya sebagai guru maupun kumpulan presentasi virtual tugas
para peserta peserta didik. Semua kreativitas dan inovasi ini pun belum cukup
mumpuni untuk mengantarkan peserta didik ke pintu gerbang kemerdekaan belajar.
Saya harus lebih giat dan mengembangkan lagi berbagai variasi kebaruan mengenai
paedagogik pembelajaran SKI.
Kata Kunci merdeka
belajar adalah (1) Student Center, (2) Guru memberikan pilihan cara belajar,
(3) Tujuan belajar bermakna, (4) Belajar adalah kesepakatan guru dan peserta
didik, (5) Belajar menalar dan menyelesaikan persoalan, (6) Belajar bukan untuk
nilai tapi membangun kesadaran, (7) Belajar untuk karya yang bermakna.
Berdasarkan poin-poin penting inilah saya mencoba mengembangkan program baru
khususnya pada mata pelajaran Sesjarah Kebudayaan Islam (SKI) untuk tahun
pelajaran baru.
Berikut ini 10
Program Baru Pedagogik SKI :
1. Program yang Berpihak pada Peserta Didik (PBPD)
2. Pekan Kreativitas Peserta Didik (PKPD)
3. Digital Mindset Peserta Didik (DMPD)
4. SKI Student centered (SSC)
5. Opening Singing a Song Pembelajaran SKI
6. Refresh Outdoor Learning SKI
7. SKI Berbasis Riset
8. Digital literacy Pembelajaran SKI
9. Peserta Didik Literat Antiplagiat
10. Kolaborasi SKI dan KTI
Pentingnya
kreativitas dan inovasi akan meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya pada
mata pelajaran SKI. Oleh karena itu Firman Allah SWT berikut ini menegaskan
tentang hal ini yang artinya, “Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu
menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas
perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum
sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah
menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya
dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.” (QS. Ar-Ra'd, Ayat 11)
Kisah Nuh juga memberikan inspirasi
tentang inovasi yaitu mengenai proses pembuatan perahu yang akan digunakan
untuk penyelamatan didi disaat tertimpa air bah, sementara hal ini belum pernah
dilakukan sebelumnya. “Dan buatlah bahtera itu dengan pengawasan dan
petunjuk wahyu Kami, dan janganlah kamu bicarakan dengan Aku perihal
orang-orang yang zalim itu. Sesungguhnya mereka nanti akan ditenggelamkan.” (QS. Hud, ayat 37)
Allah SWT juga memberikan semangat kepada
manusia untuk berpikir agar
dapat menciptakan sesuatu yang
baru (inovasi) seperti yang terdapat di dalam banyak teks-teks sumber wahyu yang memerintahkan untuk berpikir secara kreatif dan inovatif
dengan menggunakan kalimat "afalaa ta'qiluun, atau kalimat afala
tatafakaruun..." dan lebih banyak lagi. “Mengapa kamu menyuruh orang lain (mengerjakan)
kebajikan, sedangkan kamu melupakan dirimu sendiri, padahal kamu membaca Kitab
(Taurat)? Tidakkah kamu mengerti?.” (QS Al-Baqarah, Ayat 44)
Daftar Pustaka
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki
Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101.
Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar; Antara Retorika dan
Aplikasi. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(1).
Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S.,
Wati, S., Qomariah, N., ... & Amin, I. M. (2020). Pembelajaran Kontekstual
Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161-164.
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan pendidikan
merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1).
Biodata
Nurul
Jubaedah lahir di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan : D1 Akuntansi (1995), S1 PAI UNIGA ( 2001),
S1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S2 PAI UIN SGD Bandung (2012).
Prestasi : Pembimbing KIR : Membimbing 27 judul Karya Ilmiah
Remaja kategori sosial budaya, menghantarkan peserta didik juara 1,2,3, dan
harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat Provinsi),
juara harapan 1 dan 2 (tingkat Nasional) (Juli 2019-September 2021), guru
berprestasi tahap 1 di GTK Madrasah (2021), lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah
(Februari 2022). Karya : 1 buku solo, 20 buku antologi (Januari-April 2022).
Memiliki 540 konten pendidikan di canal youtube dan 80 artikel (Oktober 2021-Juni 2022). Blog :
http://nuruljubaedah6.blogspot.com/. Instagram
(nj_78). Email
: nuruljubaedah6@gmail.com.
Whatsapp : 081322292789.
Alhamdulillah, sudah merencanakan menuju gerbang kemerdekaan belajar. Mantabs Bu Nurul, tulisan yang memotivasi
BalasHapusTerima kasih banyak atas supportnya salam literasi
HapusMnatuuul
BalasHapusTerima kasih banyak atas kunjungannya salam literasi
HapusSangat bermanfaat dan menginspirasi
BalasHapusterima kasih banyak atas supportnya salam literasi
Hapusluar biasa bunda . KREN dan LANJUTKAN
BalasHapusterimakasih banyak atas supportnya salam literasi
HapusMbaguss slm literasi
BalasHapusterima kasih atas kunjungannya salam literasi
Hapusok bu, bagus literasinya semoga bermanfaat dan semoga menginspirasi bapak ibu guru yang lain juga untuk berkarya dalam dunia literasi...
BalasHapusTerima kasih banyak atas supportnya salam literasi
Hapus