Selasa, 02 Agustus 2022

(91) Kolaborasi Project Based Learning (PjBL) dengan Galery Walk

 

Kolaborasi Project Based Learning (PjBL) dengan Galery Walk

Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut)

Pembelajaran Berbasis Proyek atau Project Based Learning (PjBL) merupakan metode pembelajaran yang dapat diterapkan di semua tingkatan. Dalam metode pembelajaran ini, pendidik berperan sebagai fasilitator. Pembelajaran Berbasis Proyek atau Project Based Learning (PjBL) bertujuan untuk mencari solusi masalah, selain itu peserta didik mempelajari konsep pemecahan masalah dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis.

Mempelajari konsep dan keterampilan berpikir kritis, peserta didik bekerja sama dalam kelompok untuk menyelidiki masalah kehidupan nyata. Pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran ini akan membuat peserta didik lebih aktif dan kreatif, belajar dari apa yang mereka lihat di lingkungannya.

Siklus Project Based Learning (PjBL) (Delice, 1997)


Metode pembelajaran galery walk merupakan strategi pembelajaran kelompok yang menciptakan peluang dan membantu setiap anggota mendengarkan pendapat anggota lain dan dapat menimbulkan kekuatan emosional peserta didik untuk menemukan pengetahuan baru.

Jalan-jalan di galeri dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran, karena jika sesuatu yang baru ternyata berbeda  satu sama lain, dapat saling mengoreksi antar peserta didik, baik antar kelompok maupun antar peserta didik itu sendiri.

Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IX-B MTsN 2 Garut yang telah menerapkan Project Based Learning (PjBL) dimana didalamnya telah mengandung unsur pembelajaran abad 21 (4C) yaitu collaboration, communication, critical thinking, dan creativity adalah sebagai berikut :

1.    Bisa disaksikan di link https://youtu.be/kJmjVvj4wxI. (Materi tentang Sejarah Masuknya Islam di Indonesia)  dikerjakan oleh Kelompok I. Editor  : Silfa, Syifa,Murtadha. Presentasi : Murtadha, Syifa, Tami ,Salwa, Silfa, Risqi. Tanya Jawab: Aulia. Simpulan  : Melda.

2.   Bisa disaksikan di link https://youtu.be/SPgDkrrCSI0. (Materi tentang Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia) dikerjakan oleh Kelompok II. Editor  : Intan dan Lu'lu' Maulida. Presentasi : Intan,Lu'lu M, Lulu intan,Kayla, Marsella,Faqih,Ilhan. Tanya Jawab:Rifki dan Intan. Simpulan  : Intan Riana.

3.  Bisa disaksikan di link https://youtu.be/cW-Ce8l4B3k. (Materi tentang Peran Pesantren dalam Dakwah Islam di Indonesia) dikerjakan oleh Kelompok 3. Editor  : Karina Zahrani Cinta Auliya. Presentasi : Zacky, Rusliana, Nazril, dera, Karina, Ramdhani. Tanya Jawab: assiva, dera. Simpulan  : Karina.

4.  Bisa disaksikan di link https://youtu.be/aFlW97sGeO8. (Materi tentang Implementasi nilai-nilai Islam Kearifan Lokal dari Berbagai Suku di Indonesia dikerjakan oleh  Kelompok : 4. Editor  : Rd Ali Ridho M N. Presentasi : Nurhidayah, Nabili, Nazwa, Nazwar, Sabila, M Malik Fajri, Audya. Tanya Jawab: Nurhidayah. Simpulan  : Rd Ali Ridho Makarim Nabili.

Adapun Galery Walk telah dilaksanakan di kelas IX-C pada pertemuan ke dua setelah sebelumnya kelas ini mengerjakan hal yang sama dengan kelas IX-B seperti yang telah dijelaskan di atas. Pelaksanaan Galery walk di kelas IX-C dikerjakan oleh lima kelompok. Kelompok I menulis tentang tiga bukti masuknya Islam di Indonesia pada abad ke 7, 11, dan 13. Kelompok II menulis tentang lima cara masuknya Islam di Indonesia. Kelompok III menulis tentang empat teori masuknya Islam di Indonesia, Kelompok IV menulis tentang dua jalur masuknya Islam di Indonesia. Dan Kelompok V menulis tentang lima alasan Islam mudah diterima di Indonesia.

Kolaborasi Project Based Learning (PjBL) dengan Galery Walk

Model Pembelajaran Berbasis Proyek atau Project Based Learning (PjBL) dipadukan dengan Metode Gallery Walk, sesuai dengan pernyataan Sutirwan (2013) tentang Pembelajaran Berbasis Proyek atau Project Based Learning (PjBL). Project Based Learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif dalam merancang tujuan pembelajaran untuk menciptakan produk atau proyek yang sebenarnya.

Sementara itu, Gallery Walk, menurut Silberman (2007:26) yang menyebutnya sebagai galeri belajar merupakan  cara untuk mengapresiasi dan merayakan apa yang telah dipelajari peserta didik setelah melalui serangkaian proses pembelajaran. Dengan menerapkan proses pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan di atas, telah tercipta suatu kegiatan atau suasana kerjasama dan komunikasi, dimana dalam proses pembelajaran, peserta didik memiliki kesempatan untuk membangun pengetahuannya. Artinya peserta didik harus berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran dan berkontribusi dalam perolehan pengetahuan serta mampu menerapkan pengetahuan yang diperoleh di dunia nyata.

 

Daftar Pustaka

Gunung, D. P. B. U. S. (2017). Pembelajaran Berbasis Proyek Metode Gallery Walk Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia.

Muamar, M. R., Rahmawati, R., & Irnawati, I. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang dipadu Metode Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Kelas X IPA SMA Negeri 1 Bireuen. JESBIO: Jurnal Edukasi dan Sains Biologi6(1).

Sari, D. P. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Gallery Walk Melalui Media Gambar terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar peserta didik pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas VII SMP Inshafuddin Banda Aceh.

 

Biodata

Nurul Jubaedah lahir di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan  : D1 Akuntansi (1995), S1 PAI UNIGA ( 2001), S1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S2 PAI UIN SGD Bandung (2012). Prestasi : Pembimbing KIR : Membimbing 27 judul Karya Ilmiah Remaja kategori sosial budaya, menghantarkan peserta didik juara 1,2,3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat Provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat Nasional)  (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 di GTK Madrasah (2021), lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022). Karya : 4 buku solo, 20 buku  antologi (Januari-Juli 2022). Memiliki 540 konten pendidikan di canal youtube dan 100 artikel (Oktober 2021-Agustus 2022). Blog http://nuruljubaedah6.blogspot.com/. Instagram (nj_78). Email :  nuruljubaedah6@gmail.com. Whatsapp : 081322292789.

9 komentar:

  1. Terima kasih sudah berkunjung. Salam Literasi

    BalasHapus
  2. Terimakasih ilmunya dapat menambah wawasan, akan saya coba terapkan di kelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah terima kasih telah berkunjung. Salam Literasi

      Hapus
  3. Alhamdulillah tulisan Bu Nurul tetap menginspirasi bagi guru di seluruh negeri. Terimakasih ilmunya Bu Nurul, salam sehat dan sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas support dan kunjungannya salam Literasi

      Hapus
  4. Balasan
    1. Terima kasih atas support dan kunjungannya salam Literasi

      Hapus

BAB VII Biografi Tokoh Pendiri Organisasi Keagamaan di Indonesia (Uji Kompetensi)

  Uji Kompetensi 1 Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (x) pada salah satu hurufa, b, c atau d pada ...