Kolaborasi
Project Based Learning (PjBL) dengan Galery Walk
Oleh Nurul Jubaedah,
S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut)
Pembelajaran Berbasis Proyek atau
Project Based Learning (PjBL)
merupakan metode
pembelajaran yang dapat diterapkan di semua tingkatan. Dalam metode
pembelajaran ini, pendidik berperan sebagai fasilitator. Pembelajaran Berbasis Proyek atau
Project
Based Learning (PjBL)
bertujuan
untuk mencari solusi masalah, selain itu peserta didik mempelajari konsep
pemecahan masalah dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis.
Mempelajari konsep dan
keterampilan berpikir kritis, peserta didik bekerja sama dalam kelompok untuk
menyelidiki masalah kehidupan nyata. Pembelajaran dengan menerapkan metode
pembelajaran ini akan membuat peserta didik lebih aktif dan kreatif, belajar
dari apa yang mereka lihat di lingkungannya.
![]() |
Siklus Project Based Learning (PjBL) (Delice, 1997) |
Metode pembelajaran galery
walk merupakan strategi pembelajaran kelompok yang menciptakan peluang dan
membantu setiap anggota mendengarkan pendapat anggota lain dan dapat
menimbulkan kekuatan emosional peserta didik untuk menemukan pengetahuan baru.
Jalan-jalan di galeri
dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran, karena
jika sesuatu yang baru ternyata berbeda
satu sama lain, dapat saling mengoreksi antar peserta didik, baik antar
kelompok maupun antar peserta didik itu sendiri.
Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IX-B MTsN 2 Garut yang
telah menerapkan Project
Based Learning
(PjBL)
dimana
didalamnya telah mengandung unsur pembelajaran abad 21 (4C) yaitu collaboration,
communication, critical thinking, dan creativity adalah sebagai berikut :
1. Bisa disaksikan di link https://youtu.be/kJmjVvj4wxI. (Materi tentang Sejarah Masuknya Islam di Indonesia) dikerjakan oleh Kelompok I. Editor : Silfa, Syifa,Murtadha. Presentasi :
Murtadha, Syifa, Tami ,Salwa, Silfa, Risqi. Tanya Jawab: Aulia. Simpulan : Melda.
2. Bisa disaksikan di link https://youtu.be/SPgDkrrCSI0. (Materi tentang Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia) dikerjakan oleh Kelompok
II. Editor : Intan dan Lu'lu' Maulida. Presentasi
: Intan,Lu'lu M, Lulu intan,Kayla, Marsella,Faqih,Ilhan. Tanya Jawab:Rifki dan
Intan. Simpulan : Intan Riana.
3. Bisa disaksikan di link https://youtu.be/cW-Ce8l4B3k. (Materi tentang Peran Pesantren dalam Dakwah Islam di Indonesia)
dikerjakan oleh Kelompok 3. Editor :
Karina Zahrani Cinta Auliya. Presentasi : Zacky, Rusliana, Nazril, dera,
Karina, Ramdhani. Tanya Jawab: assiva, dera. Simpulan : Karina.
4. Bisa disaksikan di link https://youtu.be/aFlW97sGeO8. (Materi tentang Implementasi nilai-nilai Islam Kearifan Lokal dari
Berbagai Suku di Indonesia dikerjakan oleh Kelompok : 4. Editor : Rd Ali Ridho M N. Presentasi : Nurhidayah,
Nabili, Nazwa, Nazwar, Sabila, M Malik Fajri, Audya. Tanya Jawab: Nurhidayah. Simpulan : Rd Ali Ridho Makarim Nabili.
Adapun
Galery Walk telah dilaksanakan di kelas IX-C pada pertemuan ke dua setelah
sebelumnya kelas ini mengerjakan hal yang sama dengan kelas IX-B seperti yang
telah dijelaskan di atas. Pelaksanaan Galery walk di kelas IX-C dikerjakan oleh
lima kelompok. Kelompok I menulis tentang tiga bukti masuknya Islam di
Indonesia pada abad ke 7, 11, dan 13. Kelompok II menulis tentang lima cara
masuknya Islam di Indonesia. Kelompok III menulis tentang empat teori masuknya
Islam di Indonesia, Kelompok IV menulis tentang dua jalur masuknya Islam di
Indonesia. Dan Kelompok V menulis tentang lima alasan Islam mudah diterima di
Indonesia.
Kolaborasi
Project Based Learning (PjBL) dengan Galery Walk
Model Pembelajaran Berbasis
Proyek
atau Project Based Learning (PjBL)
dipadukan dengan Metode Gallery
Walk, sesuai dengan pernyataan Sutirwan (2013) tentang Pembelajaran Berbasis Proyek
atau Project
Based Learning
(PjBL). Project Based Learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang
melibatkan peserta didik secara aktif dalam merancang tujuan pembelajaran untuk
menciptakan produk atau proyek yang sebenarnya.
Sementara itu, Gallery
Walk, menurut Silberman (2007:26) yang menyebutnya sebagai galeri belajar
merupakan cara untuk mengapresiasi dan
merayakan apa yang telah dipelajari peserta didik setelah melalui serangkaian
proses pembelajaran. Dengan menerapkan proses pembelajaran dengan menggunakan
model dan pendekatan di atas, telah tercipta suatu kegiatan atau suasana
kerjasama dan komunikasi, dimana dalam proses pembelajaran, peserta didik
memiliki kesempatan untuk membangun pengetahuannya. Artinya peserta didik harus
berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran dan berkontribusi dalam
perolehan pengetahuan serta mampu menerapkan pengetahuan yang diperoleh di
dunia nyata.
Daftar Pustaka
Gunung, D. P. B. U. S. (2017). Pembelajaran
Berbasis Proyek Metode Gallery Walk Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta
didik Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia.
Muamar, M. R., Rahmawati, R., & Irnawati, I.
(2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)
yang dipadu Metode Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada
Konsep Pencemaran Lingkungan Kelas X IPA SMA Negeri 1 Bireuen. JESBIO:
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi, 6(1).
Sari, D. P. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran
Gallery Walk Melalui Media Gambar terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar peserta
didik pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas VII SMP Inshafuddin Banda
Aceh.
Biodata
Nurul Jubaedah lahir di
Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan : D1 Akuntansi (1995),
S1 PAI UNIGA ( 2001), S1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S2 PAI
UIN SGD Bandung (2012). Prestasi : Pembimbing KIR : Membimbing 27
judul Karya Ilmiah Remaja kategori sosial budaya, menghantarkan peserta didik
juara 1,2,3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan
Ekonomi (tingkat Provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat Nasional)
(Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 di GTK Madrasah (2021),
lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022). Karya : 4
buku solo, 20
buku antologi (Januari-Juli
2022). Memiliki 540
konten pendidikan di canal youtube dan 100 artikel (Oktober 2021-Agustus 2022). Blog
: http://nuruljubaedah6.blogspot.com/. Instagram (nj_78). Email : nuruljubaedah6@gmail.com. Whatsapp : 081322292789.
Terima kasih sudah berkunjung. Salam Literasi
BalasHapusTerimakasih ilmunya dapat menambah wawasan, akan saya coba terapkan di kelas
BalasHapusAlhamdulillah terima kasih telah berkunjung. Salam Literasi
HapusAlhamdulillah tulisan Bu Nurul tetap menginspirasi bagi guru di seluruh negeri. Terimakasih ilmunya Bu Nurul, salam sehat dan sukses selalu
BalasHapusTerima kasih atas support dan kunjungannya salam Literasi
HapusSuper....
BalasHapusTerima kasih atas support dan kunjungannya salam Literasi
HapusMantap
BalasHapusTerima Kasih sudah berkunjung
Hapus