Kamis, 23 Maret 2023

(114) 5 Kisah Keajaiban Islam

 5 Kisah Keajaiban Islam

Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut)

Ada banyak kisah keajaiban Islam yang terjadi di berbagai belahan dunia. Berikut beberapa contohnya:

1. Sejarah Ka'bah yang dilindungi Allah SWT: Pada zaman Jahiliyah, Ka'bah sering diserang oleh musuh-musuhnya yang ingin menghancurkannya. Tapi setiap kali mereka mencoba melakukan itu, keajaiban terjadi yang membuat mereka mundur. Dengan masuknya Islam, Ka'bah menjadi tempat suci bagi umat Islam dan masih dalam perlindungan Allah SWT.

2. Kisah Menyelamatkan Nabi Ibrahim AS dari Api: Nabi Ibrahim AS pernah dikutuk untuk dibakar hidup-hidup oleh seorang raja yang tidak beriman kepada Allah SWT. Namun ketika api menyala, Allah SWT menurunkan hujan untuk memadamkannya, sehingga Nabi Ibrahim AS terselamatkan.

3. Kisah Nabi Musa AS Membelah Laut Merah : Ketika Nabi Musa AS dan para pengikutnya terjebak di antara pasukan Firaun dan Laut Merah, Allah SWT membelah laut tersebut agar mereka dapat melewatinya dengan selamat. Setelah melewati laut, Allah SWT menutupnya kembali hingga bala tentara Firaun tenggelam.

4. Kisah Nabi Muhammad SAW dan Isra' Mi'raj: Nabi Muhammad SAW memiliki pengalaman spiritual yang luar biasa ketika Allah SWT membawanya ke surga dalam peristiwa yang disebut Isra' Mi'raj. Di sana ia bertemu dengan para nabi dan menerima berbagai wahyu dari Allah SWT.

5. Kisah Salat Istisqa Pada Masa Umar bin Khattab : Saat terjadi kekeringan di Madinah, Umar bin Khattab meminta seluruh umat Islam untuk berdoa memohon hujan. Padahal tidak hujan. Umar bin Khattab kemudian memimpin sholat istisqa (sholat hujan) dan di tengah sholat hujan turun dengan derasnya.

Ini adalah contoh keajaiban Islam yang terjadi pada waktu dan tempat yang berbeda. Semua kisah ini menunjukkan kekuasaan Allah SWT yang luar biasa dan kebenaran ajaran Islam yang diberikan kepada para nabi-Nya.

Berikut ini beberapa ayat Al-Quran yang berkaitan dengan keajaiban Islam:

1. "Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi, dan bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang yang berakal" (QS Ali Imran: 190).

2. "Sesungguhnya Allah menahan langit dan bumi supaya keduanya tidak roboh. Dan jika keduanya roboh, tidak ada seorang pun yang dapat menahannya selain Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penyantun lagi Maha Pengasih" (QS Fatir: 41).

3. "Dan Allah telah menurunkan hujan dari langit, lalu menghidupkan dengan air itu bumi setelah mati. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang mendengar" (QS An-Nahl: 65).

4. "Katakanlah: 'Perlihatkanlah kepada saya apa yang mereka persekutukan dengan Allah itu?'. Sekali-kali tidak ada sesuatupun. Tetapi Dia (Allah) adalah Allah Yang Maha Esa, lagi Maha Menang" (QS An'am: 164).

5. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri" (QS Ar-Ra'd: 11).

Ayat-ayat tersebut mengandung pesan  kebesaran Allah SWT dan keajaiban ciptaan-Nya. Allah SWT menciptakan segala sesuatu dengan  hikmah dan keindahan, dan manusia dapat memperoleh keajaiban Islam dengan mengamati dan mensyukuri kebesaran Allah SWT dalam menciptakan alam semesta dan  isinya.


Daftar Pustaka

Bahjat, A., & Alkaf, M. (2003). Sejarah Nabi-Nabi Allah.

Fatmawati, E. (2022). Berperilaku Positif.

Katsir, I. I. (2001). Kisah para nabi. Pustaka Al-Kautsar.

Mala, J. N. (2020). Manfaat Kisah Islam Dalam Menumbuhkan Akhlak Mulia Pada Diri Seseorang. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 9(1), 287-297.

Syurfah, A. (2015). Kisah Inspiratif Untuk Anak Muslim. CERDAS INTERAKTIF. ZAKARIA, K. Z. A. (2020). TAFSIR INSPIRASI: INSPIRASI DARI KITAB SUCI AL-QURAN.


Biodata

Nurul Jubaedah, lahir di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan: D-1 Akuntansi (1995), S-1 PAI UNIGA (2001), S-1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S-2 PAI UIN SGD Bandung (2012).

Prestasi: Pembimbing KIR. Membimbing 27 judul karya ilmiah remaja kategori Sosial-Budaya, mengantarkan peserta didik juara 1, 2, 3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat nasional) (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 (2021), juara favorit guru berprestasi di GTK Madrasah (2022),  lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022 dan Januari 2023).

Karya: 6 buku solo, 25 buku antologi (Januari-April2023). Memiliki 900 konten pendidikan di kanal YouTube dan 130 artikel (Oktober 2021-April 2023).

Blog                : http://nuruljubaedah6.blogspot.com/

Instagram       : nj_78 

Surel               : nuruljubaedah6@gmail.com

WhatsApp      : 081322292789


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif

  P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif pada Peserta Didik Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut) Dal...