Selasa, 28 Maret 2023

(120) Ameena

                                                                         Ameena

Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag

(Guru SKI di MTsN 2 Garut)

Suatu malam di bulan Ramadhan, seorang wanita bernama Ameena merasa sangat lelah setelah seharian berpuasa dan beribadah. Dia merasa terlalu lelah untuk melakukan ibadah wajib seperti membaca Al-Qur'an dan shalat malam.

Namun tiba-tiba ia teringat sebuah hadits yang pernah didengarnya yang mengatakan bahwa Allah SWT lebih menyukai hamba-Nya yang beribadah secara konsisten walaupun hanya sedikit, daripada hamba-Nya yang banyak beribadah namun tidak konsisten.

Dengan keyakinan membara, Ameena mengambil Alquran di tangannya dan membacanya selama beberapa menit, meskipun dia sangat lelah. Usai membaca Al-Qur'an, Ameena berdoa dan bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberinya kekuatan untuk menunaikan shalat meskipun ia sangat lelah.

Keesokan paginya, Ameena merasa sangat segar dan bugar dan merasa bahwa ibadah semalam telah mendekatkan dirinya kepada Allah SWT. Dia melanjutkan ibadahnya dengan semangat baru dan merasakan kegembiraan yang luar biasa saat menerima berkah bulan Ramadhan.

Kisah Amiena mengajarkan kepada kita bahwa kekuatan ibadah sebenarnya berasal dari iman yang kuat dan tekad untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kita tidak harus banyak beribadah tapi tidak terus-menerus, tapi cukup melakukan sedikit tapi terus menerus untuk mendapatkan berkah dan rahmat Allah SWT selama bulan Ramadhan.

Nilai Moral

Istiqamah

Berikut adalah ayat Al-Quran tentang beribadah secara istiqamah atau terus menerus:

وَاعْبُدْ رَبَّكَ حَتَّىٰ يَأْتِيَكَ الْيَقِينُ

Artinya: "Dan sembahlah Tuhanmu sampai datang kepastian (yakin)." (QS Al-Hijr: 99)

Ayat ini menunjukkan bahwa kita harus selalu tekun dan terus menerus beribadah kepada Allah SWT sampai akhir hayat kita. Kita tidak boleh berhenti beribadah  dalam keadaan apapun, tapi terus menerus berusaha meningkatkan kualitas ibadah untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

 

 

Daftar Pustaka

Burhanudin, Y. (2007). Saat Tuhan Menyapa Hatimu: Kisah-kisah Inspiratif dan Sarat Hikmah dalam Islam. Mizania.

Hamsa, H., Irwan, M., Yusma, M., Hidayah, N., Suwandi, S., Samliana, S., ... & Fitrianingsih, F. (2020). Kisah-Kisah Inspiratif.

Lusli, M. M., Prasetyo, F. A., & Irwanto, I. (2012). Kisah Inspiratif Orang-orang Luar Biasa.

 

Biodata

Nurul Jubaedah, lahir di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan: D-1 Akuntansi (1995), S-1 PAI UNIGA (2001), S-1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S-2 PAI UIN SGD Bandung (2012).

Prestasi: Pembimbing KIR. Membimbing 27 judul karya ilmiah remaja kategori Sosial-Budaya, mengantarkan peserta didik juara 1, 2, 3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat nasional) (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 (2021), juara favorit guru berprestasi di GTK Madrasah (2022),  lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022 dan Januari 2023).

Karya: 6 buku solo, 25 buku antologi (Januari-April2023). Memiliki 900 konten pendidikan di kanal YouTube dan 150 artikel (Oktober 2021-April 2023).

Blog                http://nuruljubaedah6.blogspot.com/

Instagram       : nj_78 

Surel               nuruljubaedah6@gmail.com

WhatsApp      : 081322292789


2 komentar:

  1. Balasan
    1. Terima kasih banyak atas support dan kunjungannya ibu salam Literasi

      Hapus

P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif

  P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif pada Peserta Didik Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut) Dal...