Senin, 22 September 2025

MODUL AJAR Biografi Tokoh Pendiri Organisasi Keagamaan di Indonesia

 


MODUL AJAR

Pembelajaran Mendalam – Insersi Kurikulum Berbasis Cinta (KBC)
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Kelas IX – Fase D
Topik : Biografi Tokoh Pendiri Organisasi Keagamaan di Indonesia
Alokasi Waktu : 2 × 40 menit (1 pertemuan)

 

A. IDENTITAS UMUM

Komponen

Keterangan

Nama Madrasah

MTs N 2 Garut

Nama Guru

Nurul Jubaedah, S.Ag., S.Pd., M.Ag

Fase/Kelas/Semester

D / IX / Genap

Jumlah Peserta Didik

32 siswa

Gaya Belajar

Auditori = 20% ; Visual = 50% ; Kinestetik = 30%

Alokasi Waktu

2 × 40 menit

 

B. IDENTIFIKASI

  • Kesiapan Peserta Didik: Hasil asesmen awal menunjukkan dominan visual (50%), kinestetik (30%), auditori (20%).
  • Materi Pelajaran: Biografi tokoh pendiri organisasi keagamaan di Indonesia (KH. Ahmad Dahlan – Muhammadiyah, KH. Hasyim Asy’ari – NU, KH. Ahmad Sanusi – Al-Ittihadiyah, KH. Mas Mansur – MIAI).
  • Dimensi Profil Pelajar Pancasila: Beriman dan bertakwa, Berkebinekaan global, Kreatif, Gotong royong.
  • Tema Kurikulum Cinta (KBC): Cinta kepada Allah, cinta kepada sesama, cinta budaya bangsa.
  • Materi Insersi KBC: Keikhlasan dalam perjuangan, persaudaraan umat, cinta tanah air, keteladanan tokoh.

 

C. DESAIN PEMBELAJARAN

  • Capaian Pembelajaran (CP): Peserta didik mampu menguraikan biografi tokoh pendiri organisasi keagamaan di Indonesia serta meneladani perjuangan dan nilai-nilai Islam yang mereka tegakkan.
  • Topik Pembelajaran: Biografi dan keteladanan tokoh pendiri organisasi keagamaan Islam di Indonesia.
  • Integrasi Lintas Disiplin: PPKn, Bahasa Indonesia, IPS/Sosiologi.
  • Tujuan Pembelajaran:
    1. Menjelaskan riwayat hidup singkat tokoh pendiri organisasi keagamaan di Indonesia.
    2. Menganalisis nilai perjuangan dan visi dakwah tokoh.
    3. Menunjukkan sikap cinta tanah air dan persaudaraan umat.
  • Model Pembelajaran: Discovery Learning
  • Strategi: Diferensiasi proses (auditori, visual, kinestetik)
  • Metode: Diskusi, Analisis biografi, Presentasi, Refleksi
  • Kemitraan: Kolaborasi kelompok, literasi pustaka, pemanfaatan sumber digital
  • Pemanfaatan Digital: Video biografi tokoh, presentasi interaktif, timeline digital

D. PENGALAMAN BELAJAR

Pendahuluan (15 menit):

  • Guru menyapa siswa, doa bersama.
  • Ice breaking: menampilkan foto tokoh KH. Ahmad Dahlan & KH. Hasyim Asy’ari.
  • Refleksi awal: siswa menyebutkan organisasi Islam yang mereka ketahui.
  • Insersi KBC: niat ikhlas belajar (cinta Allah) & meneladani tokoh bangsa (cinta tanah air).

Kegiatan Inti (40 menit):
a. Stimulation → Guru menayangkan video singkat “Perjuangan Tokoh Islam Pendiri Organisasi Besar di Indonesia”.
b. Problem Statement → Pertanyaan pemantik: “Apa peran tokoh dalam mendirikan organisasi keagamaan dan bagaimana relevansinya untuk generasi muda?”
c. Data Collection → Visual: membuat timeline biografi; Auditori: diskusi tokoh; Kinestetik: menyusun bagan organisasi.
d. Data Processing → Analisis nilai perjuangan tokoh (ikhlas, persaudaraan, cinta tanah air).
e. Verification → Presentasi kelompok.
f. Generalization → Menyimpulkan keteladanan tokoh.

Penutup (10 menit):

  • Refleksi: siswa menuliskan 2 keteladanan tokoh yang bisa dipraktikkan & 1 hal yang ingin dipelajari lagi.
  • Peneguhan KBC: nilai ikhlas, cinta persaudaraan, dan cinta tanah air.
  • Doa penutup.

 

LEVEL KOGNITIF (C1–C6)

Level

Tujuan Pembelajaran

Kompetensi

Pengalaman Belajar

Profil Pancasila

Insersi KBC

Model

C1

Menyebutkan nama tokoh pendiri organisasi

Pengetahuan faktual

Membaca teks biografi

Bernalar kritis

Cinta ilmu & tokoh bangsa

Ceramah interaktif

C2

Menjelaskan riwayat hidup tokoh

Pemahaman konsep

Diskusi kelompok

Gotong royong

Cinta kebersamaan

Diskusi

C3

Menghubungkan perjuangan tokoh dengan perkembangan organisasi

Aplikasi nilai

Membuat bagan organisasi

Beriman & bertakwa

Cinta akhlak mulia

PBL

C4

Menganalisis peran tokoh dalam dakwah & persatuan umat

Analisis historis

Studi kasus organisasi

Bernalar kritis, kreatif

Cinta persatuan umat

Studi kasus

C5

Mengevaluasi keteladanan tokoh

Penilaian kritis

Menulis esai refleksi

Mandiri, gotong royong

Cinta tanah air & umat

Debat, peer review

C6

Merancang karya kreatif (poster/video biografi tokoh)

Kreativitas & komunikasi

Membuat karya

Kreatif, kolaboratif

Cinta inovasi & kemajuan umat

PjBL

 

E. ASESMEN

  • Awal: Pertanyaan pemantik, identifikasi tokoh
  • Proses: Observasi diskusi, analisis timeline/biografi, tanya jawab
  • Akhir: Refleksi tertulis, presentasi kelompok, karya kreatif (poster/video), umpan balik lisan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MODUL AJAR Biografi Tokoh Pendiri Organisasi Keagamaan di Indonesia

  MODUL AJAR Pembelajaran Mendalam – Insersi Kurikulum Berbasis Cinta (KBC) Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IX – ...