MODUL AJAR
Pembelajaran Mendalam – Insersi Kurikulum Berbasis Cinta (KBC)
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Kelas IX – Fase D
Topik : Biografi Tokoh Pendiri Organisasi Keagamaan di Indonesia
Alokasi Waktu : 2 × 40 menit (1 pertemuan)
A. IDENTITAS UMUM
Komponen |
Keterangan |
Nama
Madrasah |
MTs N 2
Garut |
Nama
Guru |
Nurul
Jubaedah, S.Ag., S.Pd., M.Ag |
Fase/Kelas/Semester |
D / IX
/ Genap |
Jumlah
Peserta Didik |
32
siswa |
Gaya
Belajar |
Auditori
= 20% ; Visual = 50% ; Kinestetik = 30% |
Alokasi
Waktu |
2 × 40
menit |
B. IDENTIFIKASI
- Kesiapan
Peserta Didik: Hasil asesmen awal menunjukkan dominan visual
(50%), kinestetik (30%), auditori (20%).
- Materi
Pelajaran: Biografi tokoh pendiri organisasi keagamaan
di Indonesia (KH. Ahmad Dahlan – Muhammadiyah, KH. Hasyim Asy’ari – NU,
KH. Ahmad Sanusi – Al-Ittihadiyah, KH. Mas Mansur – MIAI).
- Dimensi
Profil Pelajar Pancasila: Beriman dan bertakwa,
Berkebinekaan global, Kreatif, Gotong royong.
- Tema
Kurikulum Cinta (KBC): Cinta kepada Allah,
cinta kepada sesama, cinta budaya bangsa.
- Materi
Insersi KBC: Keikhlasan dalam perjuangan, persaudaraan
umat, cinta tanah air, keteladanan tokoh.
C. DESAIN PEMBELAJARAN
- Capaian
Pembelajaran (CP): Peserta didik mampu
menguraikan biografi tokoh pendiri organisasi keagamaan di Indonesia serta
meneladani perjuangan dan nilai-nilai Islam yang mereka tegakkan.
- Topik
Pembelajaran: Biografi dan keteladanan tokoh pendiri
organisasi keagamaan Islam di Indonesia.
- Integrasi
Lintas Disiplin: PPKn, Bahasa Indonesia, IPS/Sosiologi.
- Tujuan
Pembelajaran:
- Menjelaskan
riwayat hidup singkat tokoh pendiri organisasi keagamaan di Indonesia.
- Menganalisis
nilai perjuangan dan visi dakwah tokoh.
- Menunjukkan
sikap cinta tanah air dan persaudaraan umat.
- Model
Pembelajaran: Discovery Learning
- Strategi:
Diferensiasi proses (auditori, visual, kinestetik)
- Metode:
Diskusi, Analisis biografi, Presentasi, Refleksi
- Kemitraan:
Kolaborasi kelompok, literasi pustaka, pemanfaatan sumber digital
- Pemanfaatan
Digital: Video biografi tokoh, presentasi interaktif,
timeline digital
D. PENGALAMAN BELAJAR
Pendahuluan (15 menit):
- Guru
menyapa siswa, doa bersama.
- Ice
breaking: menampilkan foto tokoh KH. Ahmad Dahlan & KH. Hasyim
Asy’ari.
- Refleksi
awal: siswa menyebutkan organisasi Islam yang mereka ketahui.
- Insersi
KBC: niat ikhlas belajar (cinta Allah) & meneladani tokoh bangsa
(cinta tanah air).
Kegiatan Inti (40 menit):
a. Stimulation → Guru menayangkan video singkat “Perjuangan Tokoh Islam
Pendiri Organisasi Besar di Indonesia”.
b. Problem Statement → Pertanyaan pemantik: “Apa peran tokoh dalam
mendirikan organisasi keagamaan dan bagaimana relevansinya untuk generasi
muda?”
c. Data Collection → Visual: membuat timeline biografi; Auditori:
diskusi tokoh; Kinestetik: menyusun bagan organisasi.
d. Data Processing → Analisis nilai perjuangan tokoh (ikhlas,
persaudaraan, cinta tanah air).
e. Verification → Presentasi kelompok.
f. Generalization → Menyimpulkan keteladanan tokoh.
Penutup (10 menit):
- Refleksi:
siswa menuliskan 2 keteladanan tokoh yang bisa dipraktikkan & 1 hal
yang ingin dipelajari lagi.
- Peneguhan
KBC: nilai ikhlas, cinta persaudaraan, dan cinta tanah air.
- Doa
penutup.
LEVEL KOGNITIF (C1–C6)
Level |
Tujuan Pembelajaran |
Kompetensi |
Pengalaman Belajar |
Profil Pancasila |
Insersi KBC |
Model |
C1 |
Menyebutkan
nama tokoh pendiri organisasi |
Pengetahuan
faktual |
Membaca
teks biografi |
Bernalar
kritis |
Cinta
ilmu & tokoh bangsa |
Ceramah
interaktif |
C2 |
Menjelaskan
riwayat hidup tokoh |
Pemahaman
konsep |
Diskusi
kelompok |
Gotong
royong |
Cinta
kebersamaan |
Diskusi |
C3 |
Menghubungkan
perjuangan tokoh dengan perkembangan organisasi |
Aplikasi
nilai |
Membuat
bagan organisasi |
Beriman
& bertakwa |
Cinta
akhlak mulia |
PBL |
C4 |
Menganalisis
peran tokoh dalam dakwah & persatuan umat |
Analisis
historis |
Studi
kasus organisasi |
Bernalar
kritis, kreatif |
Cinta
persatuan umat |
Studi
kasus |
C5 |
Mengevaluasi
keteladanan tokoh |
Penilaian
kritis |
Menulis
esai refleksi |
Mandiri,
gotong royong |
Cinta
tanah air & umat |
Debat,
peer review |
C6 |
Merancang
karya kreatif (poster/video biografi tokoh) |
Kreativitas
& komunikasi |
Membuat
karya |
Kreatif,
kolaboratif |
Cinta
inovasi & kemajuan umat |
PjBL |
E. ASESMEN
- Awal:
Pertanyaan pemantik, identifikasi tokoh
- Proses:
Observasi diskusi, analisis timeline/biografi, tanya jawab
- Akhir:
Refleksi tertulis, presentasi kelompok, karya kreatif (poster/video),
umpan balik lisan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar