MODUL AJAR
Pembelajaran
Mendalam – Insersi Kurikulum Berbasis Cinta (KBC)
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Kelas IX – Fase D
Topik : Sejarah Islam di Indonesia
Alokasi Waktu : 2 × 40 menit (1 pertemuan)
A. IDENTITAS UMUM
Komponen |
Keterangan |
Nama Madrasah |
MTs N 2 Garut |
Nama Guru |
Nurul Jubaedah,
S.Ag., S.Pd., M.Ag |
Fase/Kelas/Semester |
D / IX / Genap |
Jumlah Peserta Didik |
40 siswa |
Gaya Belajar |
Auditori = 20% ;
Visual = 50% ; Kinestetik = 30% |
Alokasi Waktu |
2 × 40 menit |
B. IDENTIFIKASI
- Kesiapan Peserta Didik : Hasil asesmen awal menunjukkan dominan
visual (50%), kinestetik (30%), auditori (20%).
- Materi Pelajaran : Sejarah masuk dan berkembangnya Islam
di Indonesia (peran pedagang, ulama, kerajaan Islam, Walisongo).
- Dimensi Profil Pelajar Pancasila : Beriman dan bertakwa, Bernalar kritis,
Berkebinekaan global, Gotong royong.
- Tema Kurikulum Cinta (KBC) : Cinta kepada Allah, cinta ilmu, cinta
tanah air.
- Materi Insersi KBC : Keikhlasan dakwah, persaudaraan lintas
budaya, semangat perjuangan menegakkan Islam, dan cinta tanah air.
C. DESAIN
PEMBELAJARAN
- Capaian Pembelajaran (CP) : Peserta didik mampu menguraikan proses
masuknya Islam ke Indonesia, peran ulama dan kerajaan Islam, serta
kontribusinya dalam pembentukan budaya dan identitas bangsa.
- Topik Pembelajaran : Sejarah masuknya Islam ke Indonesia
melalui jalur perdagangan, dakwah Walisongo, peran kerajaan Islam, dan
penyebaran nilai Islam dalam budaya lokal.
- Integrasi Lintas Disiplin : PPKn, Bahasa Indonesia, IPS/Sosiologi,
Seni Budaya.
- Tujuan Pembelajaran :
- Menjelaskan jalur masuknya Islam ke
Indonesia.
- Mengidentifikasi peran Walisongo dan
kerajaan Islam dalam dakwah.
- Menghubungkan nilai perjuangan Islam
dengan semangat kebangsaan.
- Model Pembelajaran : Discovery Learning
- Strategi : Diferensiasi proses (auditori, visual, kinestetik)
- Metode : Diskusi, Analisis teks sejarah, Presentasi, Refleksi
- Kemitraan : Kolaborasi kelompok, literasi pustaka,
pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah
- Pemanfaatan Digital : Video sejarah, peta interaktif
penyebaran Islam, presentasi digital
D. PENGALAMAN
BELAJAR
Pendahuluan (15
menit):
- Guru menyapa siswa, doa bersama.
- Ice breaking: menampilkan peta jalur
perdagangan Asia Tenggara.
- Refleksi awal: siswa menuliskan
pengetahuan awal tentang bagaimana Islam sampai ke Nusantara.
- Insersi KBC: niat ikhlas belajar (cinta
Allah), semangat mencari ilmu (cinta ilmu), cinta tanah air.
Kegiatan Inti (40
menit):
a. Stimulation → Guru menayangkan video singkat “Sejarah Islam di
Nusantara”.
b. Problem Statement → Pertanyaan pemantik: “Mengapa Islam bisa diterima
dengan mudah di Indonesia?”
c. Data Collection → Visual: membuat peta konsep; Auditori: mendengarkan
kisah Walisongo; Kinestetik: menyusun timeline kerajaan Islam.
d. Data Processing → Analisis faktor penyebaran Islam (perdagangan,
perkawinan, pendidikan, budaya).
e. Verification → Presentasi kelompok.
f. Generalization → Kesimpulan bersama.
Penutup (10 menit):
- Refleksi: siswa menuliskan 2 hal baru yang
dipahami & 1 hal yang masih ingin dipelajari.
- Peneguhan KBC: ikhlas, cinta ilmu, cinta
tanah air.
- Doa penutup.
LEVEL KOGNITIF
(C1–C6)
Level |
Tujuan
Pembelajaran |
Kompetensi |
Pengalaman
Belajar |
Profil Pancasila |
Insersi KBC |
Model |
C1 |
Menyebutkan jalur
masuknya Islam ke Indonesia |
Pengetahuan faktual |
Membaca teks sejarah |
Bernalar kritis |
Cinta ilmu |
Ceramah interaktif |
C2 |
Menjelaskan peran
Walisongo dan kerajaan Islam |
Pemahaman konsep |
Diskusi kelompok |
Gotong royong |
Cinta kebersamaan |
Diskusi |
C3 |
Menghubungkan nilai
dakwah Islam dengan budaya lokal |
Aplikasi nilai |
Analisis budaya |
Beriman &
bertakwa |
Cinta akhlak mulia |
PBL |
C4 |
Menganalisis faktor
diterimanya Islam di Nusantara |
Analisis historis |
Studi kasus sejarah |
Bernalar kritis,
kreatif |
Cinta budaya luhur |
Studi kasus |
C5 |
Mengevaluasi peran
ulama/kerajaan Islam |
Penilaian kritis |
Menulis esai |
Mandiri, gotong
royong |
Cinta tanah air |
Debat, peer review |
C6 |
Merancang proyek
kreatif (poster/video sejarah Islam) |
Kreativitas &
komunikasi |
Membuat karya |
Kreatif, kolaboratif |
Cinta inovasi &
kemajuan umat |
PjBL |
E. ASESMEN
- Awal : Pertanyaan pemantik, identifikasi pengetahuan awal tentang
masuknya Islam.
- Proses : Observasi diskusi, analisis mind map/timeline, tanya jawab.
- Akhir : Refleksi tertulis, presentasi kelompok, karya kreatif
(poster/video), umpan balik lisan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar