Senin, 22 September 2025

MODUL AJAR Sejarah Islam di Indonesia

 


MODUL AJAR

Pembelajaran Mendalam – Insersi Kurikulum Berbasis Cinta (KBC)
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Kelas IX – Fase D
Topik : Sejarah Islam di Indonesia
Alokasi Waktu : 2 × 40 menit (1 pertemuan)

 

A. IDENTITAS UMUM

Komponen

Keterangan

Nama Madrasah

MTs N 2 Garut

Nama Guru

Nurul Jubaedah, S.Ag., S.Pd., M.Ag

Fase/Kelas/Semester

D / IX / Genap

Jumlah Peserta Didik

40 siswa

Gaya Belajar

Auditori = 20% ; Visual = 50% ; Kinestetik = 30%

Alokasi Waktu

2 × 40 menit

 

B. IDENTIFIKASI

  • Kesiapan Peserta Didik : Hasil asesmen awal menunjukkan dominan visual (50%), kinestetik (30%), auditori (20%).
  • Materi Pelajaran : Sejarah masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia (peran pedagang, ulama, kerajaan Islam, Walisongo).
  • Dimensi Profil Pelajar Pancasila : Beriman dan bertakwa, Bernalar kritis, Berkebinekaan global, Gotong royong.
  • Tema Kurikulum Cinta (KBC) : Cinta kepada Allah, cinta ilmu, cinta tanah air.
  • Materi Insersi KBC : Keikhlasan dakwah, persaudaraan lintas budaya, semangat perjuangan menegakkan Islam, dan cinta tanah air.

 

C. DESAIN PEMBELAJARAN

  • Capaian Pembelajaran (CP) : Peserta didik mampu menguraikan proses masuknya Islam ke Indonesia, peran ulama dan kerajaan Islam, serta kontribusinya dalam pembentukan budaya dan identitas bangsa.
  • Topik Pembelajaran : Sejarah masuknya Islam ke Indonesia melalui jalur perdagangan, dakwah Walisongo, peran kerajaan Islam, dan penyebaran nilai Islam dalam budaya lokal.
  • Integrasi Lintas Disiplin : PPKn, Bahasa Indonesia, IPS/Sosiologi, Seni Budaya.
  • Tujuan Pembelajaran :
    1. Menjelaskan jalur masuknya Islam ke Indonesia.
    2. Mengidentifikasi peran Walisongo dan kerajaan Islam dalam dakwah.
    3. Menghubungkan nilai perjuangan Islam dengan semangat kebangsaan.
  • Model Pembelajaran : Discovery Learning
  • Strategi : Diferensiasi proses (auditori, visual, kinestetik)
  • Metode : Diskusi, Analisis teks sejarah, Presentasi, Refleksi
  • Kemitraan : Kolaborasi kelompok, literasi pustaka, pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah
  • Pemanfaatan Digital : Video sejarah, peta interaktif penyebaran Islam, presentasi digital

 

D. PENGALAMAN BELAJAR

Pendahuluan (15 menit):

  • Guru menyapa siswa, doa bersama.
  • Ice breaking: menampilkan peta jalur perdagangan Asia Tenggara.
  • Refleksi awal: siswa menuliskan pengetahuan awal tentang bagaimana Islam sampai ke Nusantara.
  • Insersi KBC: niat ikhlas belajar (cinta Allah), semangat mencari ilmu (cinta ilmu), cinta tanah air.

Kegiatan Inti (40 menit):
a. Stimulation → Guru menayangkan video singkat “Sejarah Islam di Nusantara”.
b. Problem Statement → Pertanyaan pemantik: “Mengapa Islam bisa diterima dengan mudah di Indonesia?”
c. Data Collection → Visual: membuat peta konsep; Auditori: mendengarkan kisah Walisongo; Kinestetik: menyusun timeline kerajaan Islam.
d. Data Processing → Analisis faktor penyebaran Islam (perdagangan, perkawinan, pendidikan, budaya).
e. Verification → Presentasi kelompok.
f. Generalization → Kesimpulan bersama.

Penutup (10 menit):

  • Refleksi: siswa menuliskan 2 hal baru yang dipahami & 1 hal yang masih ingin dipelajari.
  • Peneguhan KBC: ikhlas, cinta ilmu, cinta tanah air.
  • Doa penutup.

 

LEVEL KOGNITIF (C1–C6)

Level

Tujuan Pembelajaran

Kompetensi

Pengalaman Belajar

Profil Pancasila

Insersi KBC

Model

C1

Menyebutkan jalur masuknya Islam ke Indonesia

Pengetahuan faktual

Membaca teks sejarah

Bernalar kritis

Cinta ilmu

Ceramah interaktif

C2

Menjelaskan peran Walisongo dan kerajaan Islam

Pemahaman konsep

Diskusi kelompok

Gotong royong

Cinta kebersamaan

Diskusi

C3

Menghubungkan nilai dakwah Islam dengan budaya lokal

Aplikasi nilai

Analisis budaya

Beriman & bertakwa

Cinta akhlak mulia

PBL

C4

Menganalisis faktor diterimanya Islam di Nusantara

Analisis historis

Studi kasus sejarah

Bernalar kritis, kreatif

Cinta budaya luhur

Studi kasus

C5

Mengevaluasi peran ulama/kerajaan Islam

Penilaian kritis

Menulis esai

Mandiri, gotong royong

Cinta tanah air

Debat, peer review

C6

Merancang proyek kreatif (poster/video sejarah Islam)

Kreativitas & komunikasi

Membuat karya

Kreatif, kolaboratif

Cinta inovasi & kemajuan umat

PjBL

 

E. ASESMEN

  • Awal : Pertanyaan pemantik, identifikasi pengetahuan awal tentang masuknya Islam.
  • Proses : Observasi diskusi, analisis mind map/timeline, tanya jawab.
  • Akhir : Refleksi tertulis, presentasi kelompok, karya kreatif (poster/video), umpan balik lisan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MODUL AJAR Biografi Tokoh Pendiri Organisasi Keagamaan di Indonesia

  MODUL AJAR Pembelajaran Mendalam – Insersi Kurikulum Berbasis Cinta (KBC) Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IX – ...