MODUL AJAR
Pembelajaran
Mendalam – Insersi Kurikulum Berbasis Cinta (KBC)
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Kelas IX – Fase D
Topik : Kerajaan Islam di Indonesia
Alokasi Waktu : 2 × 40 menit (1 pertemuan)
A. IDENTITAS UMUM
Komponen |
Keterangan |
Nama Madrasah |
MTs N 2 Garut |
Nama Guru |
Nurul Jubaedah,
S.Ag., S.Pd., M.Ag |
Fase/Kelas/Semester |
D / IX / Genap |
Jumlah Peserta Didik |
40 siswa |
Gaya Belajar |
Auditori = 20% ;
Visual = 50% ; Kinestetik = 30% |
Alokasi Waktu |
2 × 40 menit |
B. IDENTIFIKASI
- Kesiapan Peserta Didik: Hasil asesmen awal menunjukkan dominan
visual (50%), kinestetik (30%), auditori (20%).
- Materi Pelajaran: Kerajaan Islam di Indonesia (contoh:
Samudera Pasai, Demak, Mataram Islam, Gowa-Tallo, Ternate-Tidore).
- Dimensi Profil Pelajar Pancasila: Beriman dan bertakwa, Bernalar kritis,
Berkebinekaan global, Kreatif.
- Tema Kurikulum Cinta (KBC): Cinta kepada Allah, cinta kepada sesama,
cinta sejarah bangsa.
- Materi Insersi KBC: Keikhlasan, persaudaraan antar suku,
kebanggaan pada sejarah bangsa, cinta tanah air.
C. DESAIN
PEMBELAJARAN
- Capaian Pembelajaran (CP): Peserta didik mampu menguraikan
perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia serta peranannya dalam dakwah
Islam, pendidikan, sosial budaya, dan integrasi bangsa.
- Topik Pembelajaran: Kerajaan Islam di Indonesia (awal
berdiri, tokoh, peran dalam dakwah, kontribusi budaya).
- Integrasi Lintas Disiplin: PPKn, Bahasa Indonesia, IPS/Sosiologi,
Seni Budaya.
- Tujuan Pembelajaran:
- Menjelaskan sejarah berdirinya beberapa
Kerajaan Islam di Indonesia.
- Mengaitkan peran Kerajaan Islam dalam
penyebaran agama Islam, pendidikan, dan budaya.
- Menunjukkan sikap cinta sejarah,
persatuan, dan semangat kebangsaan.
- Model Pembelajaran: Discovery Learning
- Strategi: Diferensiasi proses (auditori, visual, kinestetik)
- Metode: Diskusi, Analisis sumber sejarah, Presentasi, Refleksi
- Kemitraan: Kolaborasi kelompok, literasi pustaka,
studi lapangan (virtual/lingkungan sekitar)
- Pemanfaatan Digital: Video dokumenter sejarah, peta
interaktif kerajaan Islam, presentasi digital
D. PENGALAMAN
BELAJAR
Pendahuluan (15
menit):
- Guru menyapa siswa, doa bersama.
- Ice breaking: menampilkan foto peninggalan
kerajaan Islam (Masjid Demak, Benteng Somba Opu, Batu Aceh, Kesultanan
Ternate).
- Refleksi awal: siswa menyebutkan kerajaan
Islam yang pernah didengar.
- Insersi KBC: niat ikhlas belajar (cinta
Allah) & cinta sejarah bangsa.
Kegiatan Inti (40
menit):
a. Stimulation → Guru menayangkan video singkat “Perkembangan Kerajaan
Islam di Nusantara”.
b. Problem Statement → Pertanyaan pemantik: “Bagaimana peran Kerajaan
Islam dalam membangun dakwah, budaya, dan persatuan bangsa Indonesia?”
c. Data Collection →
- Visual: membuat mind map tentang kerajaan.
- Auditori: diskusi tokoh & peran
kerajaan.
- Kinestetik: menyusun timeline perkembangan
kerajaan.
d. Data Processing → Analisis kontribusi kerajaan terhadap dakwah & budaya lokal.
e. Verification → Presentasi kelompok.
f. Generalization → Kesimpulan bersama.
Penutup (10 menit):
- Refleksi: siswa menuliskan 2 hal penting
yang dipelajari & 1 hal yang masih ingin diketahui.
- Peneguhan KBC: nilai ikhlas, cinta sejarah
bangsa, cinta persatuan umat.
- Doa penutup.
LEVEL KOGNITIF
(C1–C6)
Level |
Tujuan
Pembelajaran |
Kompetensi |
Pengalaman
Belajar |
Profil Pancasila |
Insersi KBC |
Model |
C1 |
Menyebutkan nama
Kerajaan Islam di Indonesia |
Pengetahuan faktual |
Membaca teks sejarah |
Bernalar kritis |
Cinta ilmu &
sejarah |
Ceramah interaktif |
C2 |
Menjelaskan latar
belakang berdirinya kerajaan |
Pemahaman konsep |
Diskusi kelompok |
Gotong royong |
Cinta kebersamaan |
Diskusi |
C3 |
Menghubungkan peran
kerajaan dengan dakwah Islam |
Aplikasi nilai |
Praktik analisis
peninggalan |
Beriman &
bertakwa |
Cinta akhlak mulia |
PBL |
C4 |
Menganalisis
kontribusi kerajaan terhadap budaya & persatuan |
Analisis historis |
Studi kasus sejarah |
Bernalar kritis,
kreatif |
Cinta budaya luhur |
Studi kasus |
C5 |
Mengevaluasi peran
kerajaan dalam menyatukan umat |
Penilaian kritis |
Menulis esai |
Mandiri, gotong
royong |
Cinta tanah air |
Debat, peer review |
C6 |
Merancang proyek
kreatif (poster/video tentang kerajaan) |
Kreativitas &
komunikasi |
Membuat karya |
Kreatif, kolaboratif |
Cinta inovasi &
persatuan umat |
PjBL |
E. ASESMEN
- Awal: Pertanyaan pemantik, identifikasi kerajaan Islam yang diketahui
siswa.
- Proses: Observasi diskusi, analisis mind map/timeline, tanya jawab.
- Akhir: Refleksi tertulis, presentasi kelompok, karya kreatif
(poster/video), umpan balik lisan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar