Senin, 22 September 2025

MODUL AJAR Kerajaan Islam di Indonesia

 


MODUL AJAR

Pembelajaran Mendalam – Insersi Kurikulum Berbasis Cinta (KBC)
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Kelas IX – Fase D
Topik : Kerajaan Islam di Indonesia
Alokasi Waktu : 2 × 40 menit (1 pertemuan)

 

A. IDENTITAS UMUM

Komponen

Keterangan

Nama Madrasah

MTs N 2 Garut

Nama Guru

Nurul Jubaedah, S.Ag., S.Pd., M.Ag

Fase/Kelas/Semester

D / IX / Genap

Jumlah Peserta Didik

40 siswa

Gaya Belajar

Auditori = 20% ; Visual = 50% ; Kinestetik = 30%

Alokasi Waktu

2 × 40 menit

 

B. IDENTIFIKASI

  • Kesiapan Peserta Didik: Hasil asesmen awal menunjukkan dominan visual (50%), kinestetik (30%), auditori (20%).
  • Materi Pelajaran: Kerajaan Islam di Indonesia (contoh: Samudera Pasai, Demak, Mataram Islam, Gowa-Tallo, Ternate-Tidore).
  • Dimensi Profil Pelajar Pancasila: Beriman dan bertakwa, Bernalar kritis, Berkebinekaan global, Kreatif.
  • Tema Kurikulum Cinta (KBC): Cinta kepada Allah, cinta kepada sesama, cinta sejarah bangsa.
  • Materi Insersi KBC: Keikhlasan, persaudaraan antar suku, kebanggaan pada sejarah bangsa, cinta tanah air.

 

C. DESAIN PEMBELAJARAN

  • Capaian Pembelajaran (CP): Peserta didik mampu menguraikan perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia serta peranannya dalam dakwah Islam, pendidikan, sosial budaya, dan integrasi bangsa.
  • Topik Pembelajaran: Kerajaan Islam di Indonesia (awal berdiri, tokoh, peran dalam dakwah, kontribusi budaya).
  • Integrasi Lintas Disiplin: PPKn, Bahasa Indonesia, IPS/Sosiologi, Seni Budaya.
  • Tujuan Pembelajaran:
    1. Menjelaskan sejarah berdirinya beberapa Kerajaan Islam di Indonesia.
    2. Mengaitkan peran Kerajaan Islam dalam penyebaran agama Islam, pendidikan, dan budaya.
    3. Menunjukkan sikap cinta sejarah, persatuan, dan semangat kebangsaan.
  • Model Pembelajaran: Discovery Learning
  • Strategi: Diferensiasi proses (auditori, visual, kinestetik)
  • Metode: Diskusi, Analisis sumber sejarah, Presentasi, Refleksi
  • Kemitraan: Kolaborasi kelompok, literasi pustaka, studi lapangan (virtual/lingkungan sekitar)
  • Pemanfaatan Digital: Video dokumenter sejarah, peta interaktif kerajaan Islam, presentasi digital

 

D. PENGALAMAN BELAJAR

Pendahuluan (15 menit):

  • Guru menyapa siswa, doa bersama.
  • Ice breaking: menampilkan foto peninggalan kerajaan Islam (Masjid Demak, Benteng Somba Opu, Batu Aceh, Kesultanan Ternate).
  • Refleksi awal: siswa menyebutkan kerajaan Islam yang pernah didengar.
  • Insersi KBC: niat ikhlas belajar (cinta Allah) & cinta sejarah bangsa.

Kegiatan Inti (40 menit):
a. Stimulation → Guru menayangkan video singkat “Perkembangan Kerajaan Islam di Nusantara”.
b. Problem Statement → Pertanyaan pemantik: “Bagaimana peran Kerajaan Islam dalam membangun dakwah, budaya, dan persatuan bangsa Indonesia?”
c. Data Collection

  • Visual: membuat mind map tentang kerajaan.
  • Auditori: diskusi tokoh & peran kerajaan.
  • Kinestetik: menyusun timeline perkembangan kerajaan.
    d. Data Processing → Analisis kontribusi kerajaan terhadap dakwah & budaya lokal.
    e. Verification → Presentasi kelompok.
    f. Generalization → Kesimpulan bersama.

Penutup (10 menit):

  • Refleksi: siswa menuliskan 2 hal penting yang dipelajari & 1 hal yang masih ingin diketahui.
  • Peneguhan KBC: nilai ikhlas, cinta sejarah bangsa, cinta persatuan umat.
  • Doa penutup.

 

LEVEL KOGNITIF (C1–C6)

Level

Tujuan Pembelajaran

Kompetensi

Pengalaman Belajar

Profil Pancasila

Insersi KBC

Model

C1

Menyebutkan nama Kerajaan Islam di Indonesia

Pengetahuan faktual

Membaca teks sejarah

Bernalar kritis

Cinta ilmu & sejarah

Ceramah interaktif

C2

Menjelaskan latar belakang berdirinya kerajaan

Pemahaman konsep

Diskusi kelompok

Gotong royong

Cinta kebersamaan

Diskusi

C3

Menghubungkan peran kerajaan dengan dakwah Islam

Aplikasi nilai

Praktik analisis peninggalan

Beriman & bertakwa

Cinta akhlak mulia

PBL

C4

Menganalisis kontribusi kerajaan terhadap budaya & persatuan

Analisis historis

Studi kasus sejarah

Bernalar kritis, kreatif

Cinta budaya luhur

Studi kasus

C5

Mengevaluasi peran kerajaan dalam menyatukan umat

Penilaian kritis

Menulis esai

Mandiri, gotong royong

Cinta tanah air

Debat, peer review

C6

Merancang proyek kreatif (poster/video tentang kerajaan)

Kreativitas & komunikasi

Membuat karya

Kreatif, kolaboratif

Cinta inovasi & persatuan umat

PjBL

 

E. ASESMEN

  • Awal: Pertanyaan pemantik, identifikasi kerajaan Islam yang diketahui siswa.
  • Proses: Observasi diskusi, analisis mind map/timeline, tanya jawab.
  • Akhir: Refleksi tertulis, presentasi kelompok, karya kreatif (poster/video), umpan balik lisan.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MODUL AJAR Biografi Tokoh Pendiri Organisasi Keagamaan di Indonesia

  MODUL AJAR Pembelajaran Mendalam – Insersi Kurikulum Berbasis Cinta (KBC) Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IX – ...