Senin, 13 Oktober 2025

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PERAN PESANTREN DALAM DAKWAH ISLAM DI INDONESIA

 


Uji Kompetensi

I.     Jawablah pertanyaan berikut in dengan memilih jawaban a, b, c, atau d yang paling tepat!

1. Perhatikan tabel di bawah ini !

No.

Klasifikasi Pondok

1

Salaf - Khalaf

2

Hafidz al-Qur’an – Qira’ah al Kutub

3

Klasik - Modern

4

Asrama – Boarding school

Klasifikasi Pondok pesantren berdasarkan materi yang diajarakan, pada tabel di atas ditunjukan pada nomor ….

A.   1

B.    2

C.    3

D.   4

2. Nilai-nilai positif yang dapat kita rasakan dari pembelajaran yang dikembangkan di Pondok pesantren salah satunya adalah learning to live together, yaitu ....

A.   Belajar untuk menjadi

B.    Belajar untuk melakukan

C.    Belajar untuk diri sendiri

D.   Belajar untuk hidup bersama orang lain

3. Pernyataan di bawah ini merupakan salah satu Peran pondok pesantren dalam dakwah Islam di Indonesia ....

A.   Ikut berpartisipasi mencerdaskan kehidupan bangsa

B.    Ikut berpartisipasi dalam membangun tempat tinggal santri

C.    Ikut berpartisipasi dalam mensejahterakan rakyat

D.   Ikut membangung dalam bidang perekonomian

4. Pelajaran yang dapat kita petik dari keberhasilan para santri yang berguna bagi nusa dan bangsa adalah ....

A.   sikap berani dan gigih dalam menuntut ilmu

B.    sikap praktis dalam menuntut ilmu

C.    sikap berani mati jihad fisabilillah

D.   sikap ujub dan riya’

5. Perhatikan tabel di bawah ini !

No.

Komponen

1

Masjid, asrama, Kiai, santri, kitab kuningc

2

Masjid, asrama, Ustadz, santri, kitab pegon

3

Kiai, santri, masjid, asrama, kitab kuning

4

Kiai, badal, santri, asrama dan kitab pegon

Komponen utama pada Pondok pesantren salaf, pada tabel di atas ditunjukan pada nomor ….

A.   1

B.    2

C.    3

D.   4

6. Pendidikan pesantren mempunyai peranan yang sangat besar dalam dakwah Islam di Indonesia. Kesesuai lokasi dan nama pesantren yang sesuai pada tabel di bawah ini adalah .…

Pilihan

Nama Pesantren

Tempat/Lokasi

A

Tebuireng

Jawa timur

B

Ploso

Jogjakarta

C

Buntet

Jawa Barat

D

Tremas

Madura

7. Kitab kuning merupakan ciri sebuah pondok pesantren salaf di Jawa. Metode dalam menterjemahkan kitab kuning terkesan unik, banyak disoroti oleh kalangan di luar pesantren, yaitu ….

A.   metode bandongan

B.    metode sorogan

C.    metode utawi iki-iku

D.   metode klasikal

8. Pondok pesantren mempunyai demensi yang akan terus melekat dan menjadi nilai lebih dari pesantren itu sendiri, yaitu .…

A.   dimensi kemasyarakatan terintegrasi dengan pendidikan

B.    dimensi kemasyarakatan terintegrasi dengan keagamaan

C.    dimensi keagamaan terintegrasi dengan sosial kulturan

D.   dimensi pendidikan terintegrasi dengan sosial politik

9. Kitab kuning merupakan materi utama dalam pendidikan pesantren. Selain itu ada istilah kitab pegon yaitu .…

A.   kitab terjemah bahasa indonesia

B.    kitab terjemah arab dengan aksara jawa

C.    kitab terjemah jawa dengan huruf hijaiyah

D.   kitab terjemah jawa dengan huruf latin

10. Hikmah yang dapat kita ambil dari metode pembelajaran sorogan yang masih digunakan di pondok pesantren salaf adalah .…

A.   terjadi proses evaluasi yang efektif dan efisien

B.   terjadi proses pembelajaran yang membosankan

C.   Proses pembelajaran kurang efektif dan efisien

D.   Proses pembelajaran tidak menyesuaikan perkembangan jaman

 

II.   Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan benar!

1. Sebutkan 3 bukti bahwa pondok pesantren mempunyai peranan penting bagi nusa dan bangsa !

2. Sebutkan nama 3 tokoh nasional yang juga merupakan alumni pesantren!

3. Apa yang kalian ketahui tentang kitab kuning? Jelaskan!

4. Sebutkan 3 metode pembelajaran konvensional yang diterapkan pondok pesantren selama ini !

5. Sebutkan komponen utama dari sebuah sistem pendidikan pesantren!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SAVE

🔹 KUNCI JAWABAN Bagian I. Pilihan Ganda B. 2 (Klasifikasi berdasarkan materi yang diajarkan: Hafidz al-Qur’an – Qira’ah al Kutub) ...