Uji
Kompetensi
I.
Jawablah
pertanyaan berikut in dengan memilih jawaban a, b, c, atau d yang paling tepat!
1.
Perhatikan
tabel di bawah ini !
No. |
Klasifikasi Pondok |
1 |
Salaf -
Khalaf |
2 |
Hafidz
al-Qur’an – Qira’ah al Kutub |
3 |
Klasik -
Modern |
4 |
Asrama –
Boarding school |
Klasifikasi Pondok
pesantren berdasarkan materi yang diajarakan, pada tabel di atas ditunjukan
pada nomor ….
A. 1
B.
2
C.
3
D.
4
2.
Nilai-nilai
positif yang dapat kita rasakan dari pembelajaran yang dikembangkan di Pondok pesantren salah satunya adalah learning to live together, yaitu
....
A. Belajar untuk
menjadi
B.
Belajar
untuk melakukan
C.
Belajar
untuk diri sendiri
D.
Belajar untuk hidup bersama orang lain
3. Pernyataan di bawah ini merupakan salah satu Peran
pondok pesantren dalam dakwah Islam di Indonesia ....
A. Ikut berpartisipasi
mencerdaskan kehidupan bangsa
B.
Ikut
berpartisipasi dalam membangun tempat tinggal santri
C.
Ikut
berpartisipasi dalam mensejahterakan rakyat
D.
Ikut
membangung dalam bidang
perekonomian
4. Pelajaran yang dapat kita petik dari keberhasilan para
santri yang berguna bagi nusa dan bangsa adalah ....
A. sikap berani dan
gigih dalam menuntut ilmu
B.
sikap
praktis dalam menuntut
ilmu
C. sikap berani mati jihad fisabilillah
D. sikap ujub dan riya’
5. Perhatikan tabel di bawah ini !
No. |
Komponen |
1 |
Masjid,
asrama, Kiai, santri, kitab kuningc |
2 |
Masjid,
asrama, Ustadz, santri, kitab pegon |
3 |
Kiai,
santri, masjid, asrama, kitab kuning |
4 |
Kiai, badal,
santri, asrama dan kitab pegon |
Komponen utama pada
Pondok pesantren salaf, pada tabel di atas ditunjukan pada nomor ….
A. 1
B.
2
C.
3
D. 4
6. Pendidikan pesantren mempunyai peranan yang sangat
besar dalam dakwah Islam di Indonesia. Kesesuai lokasi dan nama pesantren
yang sesuai pada tabel di bawah ini adalah .…
Pilihan |
Nama Pesantren |
Tempat/Lokasi |
A |
Tebuireng |
Jawa timur |
B |
Ploso |
Jogjakarta |
C |
Buntet |
Jawa Barat |
D |
Tremas |
Madura |
7. Kitab kuning merupakan ciri sebuah pondok
pesantren salaf di Jawa. Metode dalam menterjemahkan kitab kuning terkesan unik,
banyak disoroti oleh kalangan di luar pesantren, yaitu ….
A. metode bandongan
B.
metode sorogan
C. metode utawi iki-iku
D. metode klasikal
8. Pondok pesantren mempunyai demensi yang akan
terus melekat dan menjadi nilai lebih dari pesantren itu sendiri, yaitu .…
A. dimensi kemasyarakatan
terintegrasi dengan pendidikan
B.
dimensi
kemasyarakatan terintegrasi dengan keagamaan
C.
dimensi
keagamaan terintegrasi dengan sosial kulturan
D.
dimensi pendidikan terintegrasi dengan sosial
politik
9. Kitab kuning merupakan materi utama dalam
pendidikan pesantren. Selain itu ada istilah kitab pegon yaitu .…
A. kitab terjemah
bahasa indonesia
B.
kitab
terjemah arab dengan aksara jawa
C.
kitab
terjemah jawa dengan huruf hijaiyah
D.
kitab
terjemah jawa dengan
huruf latin
10. Hikmah yang dapat kita ambil dari metode
pembelajaran sorogan yang masih digunakan di pondok pesantren salaf adalah .…
A. terjadi proses evaluasi yang efektif dan efisien
B.
terjadi
proses pembelajaran yang membosankan
C.
Proses
pembelajaran kurang efektif dan efisien
D.
Proses
pembelajaran tidak menyesuaikan perkembangan jaman
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan benar!
1. Sebutkan 3 bukti bahwa pondok
pesantren mempunyai peranan penting bagi nusa dan bangsa !
2.
Sebutkan
nama 3 tokoh nasional yang juga merupakan alumni pesantren!
3.
Apa
yang kalian ketahui tentang kitab kuning? Jelaskan!
4.
Sebutkan
3 metode pembelajaran konvensional yang diterapkan pondok pesantren selama ini !
5.
Sebutkan komponen utama dari sebuah sistem pendidikan
pesantren!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar