Kamis, 07 Oktober 2021

(4) Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid Varian Baru B.117, B.1351, Dan B.1617

 

ABSTRAK

Judul : Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa  Pandemi Covid Varian Baru B.117, B.1351, Dan B.1617

Penulis : Nurul Jubaedah, S.Pd.,M.Ag

 

Proses pembelajaran di madrasah pada masa pandemi Covid Varian Baru B.117, B.1351, dan B.1617 mempunyai banyak permasalahan yang dihadapi. Pandemi Covid Varian Baru B.117, B.1351, dan B.1617  yang melanda dunia termasuk Indonesia mengharuskan mengambil sikap dalam mencegah penularan yang lebih luas, termasuk sektor pendidikan. 

Berkaitan dengan hal tersebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengambil sikap tegas melalui beberapa surat edaran berkaitan tentang kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid Varian Baru B.117, B.1351, dan B.1617 . Tulisan ini mengkaji pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa pandemi Covid Varian Baru B.117, B.1351, dan B.1617  berkaitan dengan kebijakan pembelajaran jarak jauh. Proses pembelajaran jarak jauh merupakan solusi yang dalam pelaksanaannya belum optimal secara keseluruhan. Ada hal yang harus diperhatikan dalam pembelajaran jarak jauh ini antara lain sumber daya guru harus ditingkatkan kualitasnya, baik dari segi konten maupun metodologi juga dalam hal pemanfaatan teknologi informasi. Selain itu, peserta didik juga kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh ini, baik itu disebabkan jaringan internet yang kurang stabil maupun dari segi penyediaan kuota internet yang terbatas. Tujuan penulisan Karya Tulis Ilmiah ini untuk mempelajari dan memahami permasalahan dalam kegiatan pembelajaran di masa pandemi yakni pembelajaran jarak jauh agar peserta didik bisa mengikutinya dengan aktif dan menarik. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan observatif. Hasil kajian ini membuktikan bahwa pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi Covid Varian Baru B.117, B.1351, dan B.1617  ini menimbulkan berbagai tanggapan dan perubahan pada sistem belajar yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran serta tingkat perkembangan peserta didik dalam merespon materi yang disampaikan diharapkan akan meningkatkan kecintaan dan apresiasi terhadap cerita budaya lokal.

 

Kata Kunci: Problematika. Pe,belajaran Jarak Jauh (PJJ), Masa  Pandemi Covid Varian Baru B.117, B.1351, Dan B.1617

 

1 komentar:

P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif

  P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif pada Peserta Didik Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut) Dal...