Selasa, 04 April 2023

(124) Alif Anak Broken Home yang Sukses

 

Alif Anak Broken Home yang Sukses

Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag.

(Guru SKI di MTsN 2 Garut)

Kisah sukses anak-anak dari keluarga berantakan bisa menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang dalam situasi yang sama. Berikut adalah contoh anak broken home yang sukses:

Alkisah ada seorang anak laki-laki bernama Alif, yang keadaan rumah tangganya berantakan ketika orang tuanya bercerai. Meski Alif masih sangat muda saat itu, dia merasa sangat kesepian dan bingung dengan perubahan dalam hidupnya. Dia sering sedih dan kurang motivasi untuk berprestasi di sekolah.

Namun, suatu hari Alif bertemu dengan seorang guru yang sangat peduli dan memotivasinya untuk terus belajar. Guru memberi Alif perhatian dan dukungan yang dia butuhkan untuk mencapai prestasi akademik yang lebih baik.

Alif kemudian memenangkan beasiswa untuk kuliah di universitas ternama dan meraih gelar sarjana dalam bidang yang menarik minatnya. Dia juga mendapat pekerjaan yang bagus dan mampu sukses dalam karirnya.

Selain itu, Alif juga berhasil menemukan keluarga asuh yang sangat baik dan perhatian kepadanya. Mereka membantunya mendapatkan kembali rasa percaya dirinya dan memberikan dukungan moral yang dia butuhkan untuk melewati fase sulit dalam hidupnya.

Kesuksesan Alif memang tidak mudah, namun ia berhasil mengatasi pedihnya situasi broken home dan memperbaiki motivasi sebelumnya. Dia juga menemukan orang-orang yang mendukung dan mencintai yang membantunya bangkit dan sukses.

Kisah Alif mengungkapkan bahwa meski bertahan dari situasi broken home tidaklah mudah, namun itu bukanlah akhir dari cerita. Dengan tekad dan usaha yang kuat, serta dengan dukungan orang-orang terdekat yang peduli, seseorang dapat mengatur dan bahagia, meskipun ia pernah mengalami situasi sulit dalam hidup.

Nilai Moral dan Spiritual

Berikut adalah beberapa ayat Al-Quran yang berkaitan dengan tekad kuat untuk berhasil melewati kesulitan hidup:

"Sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan." (QS. Al-Insyirah: 5-6)

Artinya: Sesungguhnya setelah kesulitan itu pasti ada kemudahan. Jadi, jika kita memiliki tekad kuat dan sabar melewati kesulitan, pasti akan mendapatkan kemudahan di akhir perjalanan.

"Dan bersabarlah kamu, sesungguhnya Allah tidak akan menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik." (QS. Hud: 115)

Artinya: Sabarlah dalam menghadapi kesulitan, karena Allah akan memberikan pahala yang besar kepada orang-orang yang bertekad kuat dan berbuat baik.

"Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan orang-orang yang kafir." (QS. Yusuf: 87)

Artinya: Jangan pernah berputus asa dari rahmat Allah, karena Allah selalu memberikan jalan keluar bagi orang-orang yang memiliki tekad kuat dan beriman.

"Dan Kami akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar." (QS. Al-Baqarah: 155)

Artinya: Allah akan menguji kita dengan berbagai cobaan dan kesulitan, tetapi bagi orang-orang yang sabar dan bertekad kuat, mereka akan mendapatkan keberkahan dan berita gembira di akhir perjalanan.

"Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Rabbnya, dan menegakkan shalat, dan menafkahkan sebagian rezki yang Kami berikan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, dan menolak kejahatan dengan kebaikan; mereka itulah yang mendapat tempat yang baik di akhirat." (QS. Fussilat: 35)

Artinya: Orang-orang yang sabar dalam menghadapi kesulitan, serta berusaha mencari keridhaan Allah dengan melakukan kebaikan dan menolak kejahatan, mereka akan mendapatkan tempat yang baik di akhirat.

 

Daftar Pustaka

Hamsa, H., Irwan, M., Yusma, M., Hidayah, N., Suwandi, S., Samliana, S., ... & Fitrianingsih, F. (2020). Kisah-Kisah Inspiratif.

Koespradono, G. (2008). Kick Andy: Kumpulan Kisah Inspiratif (Vol. 1). Bentang Pustaka.

Lusli, M. M., Prasetyo, F. A., & Irwanto, I. (2012). Kisah Inspiratif Orang-orang Luar Biasa.

 

Biodata

Nurul Jubaedah, lahir di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan: D-1 Akuntansi (1995), S-1 PAI UNIGA (2001), S-1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S-2 PAI UIN SGD Bandung (2012).

Prestasi: Pembimbing KIR. Membimbing 27 judul karya ilmiah remaja kategori Sosial-Budaya, mengantarkan peserta didik juara 1, 2, 3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat nasional) (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 (2021), juara favorit guru berprestasi di GTK Madrasah (2022),  lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022 dan Januari 2023).

Karya: 6 buku solo, 25 buku antologi (Januari-April2023). Memiliki 900 konten pendidikan di kanal YouTube dan 150 artikel (Oktober 2021-April 2023).

Blog                http://nuruljubaedah6.blogspot.com/

Instagram       : nj_78 

Surel               nuruljubaedah6@gmail.com

WhatsApp      : 081322292789

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif

  P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif pada Peserta Didik Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut) Dal...