Selasa, 04 April 2023

(125) Ayah Arif : Ayah yang Kuat

 

Ayah Arif : Ayah yang Kuat

Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag.

(Guru SKI di MTsN 2 Garut)

Ada banyak kisah sedih para ayah yang menghadapi berbagai rintangan dalam hidupnya. Salah satu kisah yang muncul adalah biografi ayah Arif. 

Arif adalah seorang ayah tunggal yang harus membesarkan anaknya seorang diri setelah istrinya meninggal karena kecelakaan. Kehilangan istri membuat Arif sangat terpukul dan merasa tidak mampu hidup tanpa pasangannya.

Arif harus tetap kuat dan bertanggung jawab atas kehidupan putrinya. Ia bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup anaknya dan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuknya.

Nasib buruk tak menghentikan Arif. Dia kemudian didiagnosis dengan penyakit serius yang membutuhkan rawat inap. Arif harus berhenti bekerja untuk fokus memulihkan kesehatannya, yang semakin membebani keuangan keluarga.

Namun, Arif tidak  menyerah dan terus berjuang untuk menjadi lebih baik. Dia juga mencoba untuk menyemangati dan membuat putrinya  bahagia meskipun keadaan keluarga mereka  sulit.

Akhirnya, Arif berhasil sembuh dari penyakitnya setelah berjuang keras. Dia kembali bekerja dan membangun kembali kehidupan keluarganya. Meski harus melewati banyak rintangan dan kesulitan, Arif tetap bertahan dan melewati masa-masa sulitnya.

Biografi ayah Arif mengajarkan kita tentang kekuatan tekad dan semangat dalam menghadapi kehidupan yang sulit. Terlepas dari berbagai kekhawatiran dan kesulitan, Arif tetap berjuang dan menjadi panutan yang menginspirasi banyak orang dalam situasi serupa.

Nilai Moral dan Spiritual

Berikut adalah beberapa ayat Al-Quran yang berkaitan dengan tekad dan semangat dalam menghadapi kehidupan yang sulit:

"Maka, sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya, bersama kesulitan ada kemudahan." (QS. Al-Insyirah: 5-6)

Artinya: Allah menjamin bahwa setiap kesulitan pasti diiringi kemudahan, sehingga kita harus memiliki tekad dan semangat untuk terus berjuang dan tidak menyerah dalam menghadapi kehidupan yang sulit.

"Dan apabila kamu telah memutuskan sesuatu, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya, Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya." (QS. Ali Imran: 159)

Artinya: Ketika kita telah memiliki tekad dan semangat untuk melakukan sesuatu, kita harus juga memiliki rasa tawakal dan memohon bantuan dari Allah SWT.

"Maka, janganlah kamu merasa lemah, dan janganlah kamu bersedih hati, padahal kamu orang-orang yang paling tinggi derajatnya, jika kamu orang-orang yang beriman." (QS. Ali Imran: 139)

Artinya: Jangan merasa lemah atau putus asa dalam menghadapi kehidupan yang sulit, karena dengan iman yang kuat dan tekad yang bulat, Allah SWT akan memberikan kemudahan dan keberhasilan.

"Dan sungguh, kami telah menciptakan manusia dalam kesulitan. Maka, apabila dia merasa kesulitan, dia berkeluh kesah." (QS. Al-Balad: 4-5)

Artinya: Allah menciptakan manusia dalam keadaan menghadapi kesulitan, namun dalam menghadapi kesulitan tersebut kita harus memiliki tekad dan semangat untuk terus berjuang.

"Sesungguhnya, orang-orang yang bertakwa, apabila mereka ditimpa godaan dari syaitan, mereka ingat kepada Allah, maka tiba-tiba mereka melihat dengan jelas." (QS. Al-A'raf: 201)

Artinya: Orang-orang yang memiliki tekad dan semangat dalam menghadapi kehidupan yang sulit, akan mampu mengatasi godaan dan rintangan dengan selalu mengingat Allah SWT dan bergantung kepada-Nya.

Daftar Pustaka

Hamsa, H., Irwan, M., Yusma, M., Hidayah, N., SuwArif, S., Samliana, S., ... & Fitrianingsih, F. (2020). Kisah-Kisah Inspiratif.

Koespradono, G. (2008). Kick Andy: Kumpulan Kisah Inspiratif (Vol. 1). Bentang Pustaka.

Lusli, M. M., Prasetyo, F. A., & Irwanto, I. (2012). Kisah Inspiratif Orang-orang Luar Biasa.

 

Biodata

Nurul Jubaedah, lahir di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan: D-1 Akuntansi (1995), S-1 PAI UNIGA (2001), S-1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S-2 PAI UIN SGD Bandung (2012).

Prestasi: Pembimbing KIR. Membimbing 27 judul karya ilmiah remaja kategori Sosial-Budaya, mengantarkan peserta didik juara 1, 2, 3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat nasional) (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 (2021), juara favorit guru berprestasi di GTK Madrasah (2022),  lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022 dan Januari 2023).

Karya: 6 buku solo, 25 buku antologi (Januari-April2023). Memiliki 900 konten pendidikan di kanal YouTube dan 150 artikel (Oktober 2021-April 2023).

Blog                http://nuruljubaedah6.blogspot.com/

Instagram       : nj_78 

Surel               nuruljubaedah6@gmail.com

WhatsApp      : 081322292789

 

4 komentar:

P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif

  P5 : 10 Cara Menerapkan Karakter Kreatif pada Peserta Didik Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut) Dal...