MODUL AJAR
Pembelajaran Mendalam – Insersi Kurikulum
Berbasis Cinta (KBC)
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Kelas IX – Fase D
Topik : Nilai-Nilai Islam dan Kearifan Lokal dari Berbagai Suku di Indonesia
Alokasi Waktu : 2 × 40 menit (1 pertemuan)
A. IDENTITAS UMUM
Nama Madrasah |
MTs N 2 Garut |
Nama Guru |
Nurul Jubaedah, S.Ag., S.Pd., M.Ag |
Fase/Kelas/Semester |
D / IX / Genap |
Jumlah Peserta Didik |
40 siswa |
Gaya Belajar |
Auditori = 20% ; Visual = 50% ; Kinestetik = 30% |
Alokasi Waktu |
2 × 40 menit |
B. IDENTIFIKASI
Kesiapan Peserta Didik |
Hasil asesmen awal menunjukkan dominan visual (50%), kinestetik
(30%), auditori (20%). |
Materi Pelajaran |
Nilai-Nilai Islam dan kearifan lokal dari berbagai suku di
Indonesia (contoh: Jawa, Sunda, Minang, Bugis, Dayak). |
Dimensi Profil Pelajar Pancasila |
Beriman dan bertakwa, Berkebinekaan global, Kreatif, Gotong
royong. |
Tema Kurikulum Cinta (KBC) |
Cinta kepada Allah, cinta kepada sesama, cinta budaya bangsa. |
Materi Insersi KBC |
Ketulusan, persaudaraan lintas suku, harmoni dengan alam
(terintegrasi dengan program Adiwiyata). |
C. DESAIN PEMBELAJARAN
Capaian Pembelajaran (CP): Peserta didik
mampu menguraikan nilai-nilai Islam dan kearifan lokal suku-suku di Indonesia
serta keterkaitannya dengan dakwah Islam dan pelestarian lingkungan
(Adiwiyata).
Topik Pembelajaran: Nilai Islam dan
kearifan lokal: gotong royong, musyawarah, sopan santun, menjaga alam, dan
persaudaraan lintas budaya.
Integrasi Lintas Disiplin: PPKn, Bahasa
Indonesia, IPS/Sosiologi, IPA/Adiwiyata.
Tujuan Pembelajaran:
1. Menjelaskan nilai-nilai Islam yang
terinternalisasi dalam tradisi lokal.
2. Mengaitkan nilai-nilai Islam dengan kearifan lokal dalam menjaga
keharmonisan sosial dan lingkungan.
3. Menunjukkan sikap cinta budaya dan cinta lingkungan sesuai prinsip
Adiwiyata.
Model Pembelajaran: Discovery Learning
Strategi: Diferensiasi proses (auditori, visual, kinestetik)
Metode: Diskusi, Analisis teks budaya, Presentasi, Refleksi
Kemitraan: Kolaborasi kelompok, literasi pustaka, pemanfaatan lingkungan
sekitar sekolah
Pemanfaatan Digital: Video dokumenter, peta interaktif budaya Indonesia,
presentasi digital
D. PENGALAMAN BELAJAR
Pendahuluan (15 menit):
- Guru menyapa siswa, doa bersama.
- Ice breaking: menampilkan foto tradisi lokal (Sekaten Jawa, Tabuik Minang,
Seren Taun Sunda, Mappalili Bugis).
- Refleksi awal: siswa menuliskan contoh tradisi lokal di daerah masing-masing.
- Insersi KBC: niat ikhlas belajar (cinta kepada Allah) & cinta budaya
bangsa (cinta kepada sesama).
Kegiatan Inti (40 menit):
a. Stimulation → Guru menayangkan video singkat “Nilai Islam dalam tradisi
Nusantara”.
b. Problem Statement → Pertanyaan pemantik: “Bagaimana nilai Islam menyatu
dengan kearifan lokal dan relevansinya dengan kehidupan modern?”
c. Data Collection → Visual: mind map; Auditori: diskusi tokoh; Kinestetik:
menyusun timeline.
d. Data Processing → Analisis manfaat kearifan lokal bagi kerukunan &
kelestarian alam (Adiwiyata).
e. Verification → Presentasi kelompok.
f. Generalization → Kesimpulan bersama.
Penutup (10 menit):
- Refleksi: siswa menuliskan 2 nilai yang bisa dipraktikkan & 1 hal yang
masih ingin dipelajari.
- Peneguhan KBC: nilai ikhlas, cinta budaya, dan cinta lingkungan.
- Doa penutup.
LEVEL KOGNITIF (C1–C6)
Level |
Tujuan Pembelajaran |
Kompetensi |
Pengalaman Belajar |
Profil Pancasila |
Insersi KBC |
Model |
C1 |
Menyebutkan contoh tradisi lokal yang bernilai Islam |
Pengetahuan faktual |
Membaca teks budaya |
Bernalar kritis |
Cinta ilmu & tradisi |
Ceramah interaktif |
C2 |
Menjelaskan fungsi sosial tradisi lokal |
Pemahaman konsep |
Diskusi kelompok |
Gotong royong |
Cinta kebersamaan |
Diskusi |
C3 |
Menghubungkan nilai Islam dengan tradisi lokal |
Aplikasi nilai |
Praktik menjaga lingkungan |
Beriman & bertakwa |
Cinta akhlak mulia, cinta alam |
PBL |
C4 |
Menganalisis peran tradisi dalam dakwah & lingkungan |
Analisis historis |
Studi kasus budaya |
Bernalar kritis, kreatif |
Cinta budaya luhur |
Studi kasus |
C5 |
Mengevaluasi nilai Islam dalam budaya lokal |
Penilaian kritis |
Menulis esai |
Mandiri, gotong royong |
Cinta tanah air, cinta kebinekaan |
Debat, peer review |
C6 |
Merancang proyek kreatif (poster/video budaya Islami) |
Kreativitas & komunikasi |
Membuat karya |
Kreatif, kolaboratif |
Cinta inovasi & kemajuan umat |
PjBL |
E. ASESMEN
Awal |
Pertanyaan pemantik, identifikasi tradisi lokal |
Proses |
Observasi diskusi, analisis mind map/timeline, tanya jawab |
Akhir |
Refleksi tertulis, presentasi kelompok, karya kreatif
(poster/video), umpan balik lisan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar