Senin, 22 September 2025

MODUL AJAR Nilai-Nilai Islam dan Kearifan Lokal dari Berbagai Suku di Indonesia

 


MODUL AJAR

 

Pembelajaran Mendalam – Insersi Kurikulum Berbasis Cinta (KBC)
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Kelas IX – Fase D
Topik : Nilai-Nilai Islam dan Kearifan Lokal dari Berbagai Suku di Indonesia
Alokasi Waktu : 2 × 40 menit (1 pertemuan)

A. IDENTITAS UMUM

Nama Madrasah

MTs N 2 Garut

Nama Guru

Nurul Jubaedah, S.Ag., S.Pd., M.Ag

Fase/Kelas/Semester

D / IX / Genap

Jumlah Peserta Didik

40 siswa

Gaya Belajar

Auditori = 20% ; Visual = 50% ; Kinestetik = 30%

Alokasi Waktu

2 × 40 menit

B. IDENTIFIKASI

Kesiapan Peserta Didik

Hasil asesmen awal menunjukkan dominan visual (50%), kinestetik (30%), auditori (20%).

Materi Pelajaran

Nilai-Nilai Islam dan kearifan lokal dari berbagai suku di Indonesia (contoh: Jawa, Sunda, Minang, Bugis, Dayak).

Dimensi Profil Pelajar Pancasila

Beriman dan bertakwa, Berkebinekaan global, Kreatif, Gotong royong.

Tema Kurikulum Cinta (KBC)

Cinta kepada Allah, cinta kepada sesama, cinta budaya bangsa.

Materi Insersi KBC

Ketulusan, persaudaraan lintas suku, harmoni dengan alam (terintegrasi dengan program Adiwiyata).

C. DESAIN PEMBELAJARAN

Capaian Pembelajaran (CP): Peserta didik mampu menguraikan nilai-nilai Islam dan kearifan lokal suku-suku di Indonesia serta keterkaitannya dengan dakwah Islam dan pelestarian lingkungan (Adiwiyata).

Topik Pembelajaran: Nilai Islam dan kearifan lokal: gotong royong, musyawarah, sopan santun, menjaga alam, dan persaudaraan lintas budaya.

Integrasi Lintas Disiplin: PPKn, Bahasa Indonesia, IPS/Sosiologi, IPA/Adiwiyata.

Tujuan Pembelajaran:

1. Menjelaskan nilai-nilai Islam yang terinternalisasi dalam tradisi lokal.
2. Mengaitkan nilai-nilai Islam dengan kearifan lokal dalam menjaga keharmonisan sosial dan lingkungan.
3. Menunjukkan sikap cinta budaya dan cinta lingkungan sesuai prinsip Adiwiyata.

Model Pembelajaran: Discovery Learning
Strategi: Diferensiasi proses (auditori, visual, kinestetik)
Metode: Diskusi, Analisis teks budaya, Presentasi, Refleksi
Kemitraan: Kolaborasi kelompok, literasi pustaka, pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah
Pemanfaatan Digital: Video dokumenter, peta interaktif budaya Indonesia, presentasi digital

D. PENGALAMAN BELAJAR

Pendahuluan (15 menit):
- Guru menyapa siswa, doa bersama.
- Ice breaking: menampilkan foto tradisi lokal (Sekaten Jawa, Tabuik Minang, Seren Taun Sunda, Mappalili Bugis).
- Refleksi awal: siswa menuliskan contoh tradisi lokal di daerah masing-masing.
- Insersi KBC: niat ikhlas belajar (cinta kepada Allah) & cinta budaya bangsa (cinta kepada sesama).

Kegiatan Inti (40 menit):
a. Stimulation → Guru menayangkan video singkat “Nilai Islam dalam tradisi Nusantara”.
b. Problem Statement → Pertanyaan pemantik: “Bagaimana nilai Islam menyatu dengan kearifan lokal dan relevansinya dengan kehidupan modern?”
c. Data Collection → Visual: mind map; Auditori: diskusi tokoh; Kinestetik: menyusun timeline.
d. Data Processing → Analisis manfaat kearifan lokal bagi kerukunan & kelestarian alam (Adiwiyata).
e. Verification → Presentasi kelompok.
f. Generalization → Kesimpulan bersama.

Penutup (10 menit):
- Refleksi: siswa menuliskan 2 nilai yang bisa dipraktikkan & 1 hal yang masih ingin dipelajari.
- Peneguhan KBC: nilai ikhlas, cinta budaya, dan cinta lingkungan.
- Doa penutup.

LEVEL KOGNITIF (C1–C6)

Level

Tujuan Pembelajaran

Kompetensi

Pengalaman Belajar

Profil Pancasila

Insersi KBC

Model

C1

Menyebutkan contoh tradisi lokal yang bernilai Islam

Pengetahuan faktual

Membaca teks budaya

Bernalar kritis

Cinta ilmu & tradisi

Ceramah interaktif

C2

Menjelaskan fungsi sosial tradisi lokal

Pemahaman konsep

Diskusi kelompok

Gotong royong

Cinta kebersamaan

Diskusi

C3

Menghubungkan nilai Islam dengan tradisi lokal

Aplikasi nilai

Praktik menjaga lingkungan

Beriman & bertakwa

Cinta akhlak mulia, cinta alam

PBL

C4

Menganalisis peran tradisi dalam dakwah & lingkungan

Analisis historis

Studi kasus budaya

Bernalar kritis, kreatif

Cinta budaya luhur

Studi kasus

C5

Mengevaluasi nilai Islam dalam budaya lokal

Penilaian kritis

Menulis esai

Mandiri, gotong royong

Cinta tanah air, cinta kebinekaan

Debat, peer review

C6

Merancang proyek kreatif (poster/video budaya Islami)

Kreativitas & komunikasi

Membuat karya

Kreatif, kolaboratif

Cinta inovasi & kemajuan umat

PjBL

 

E. ASESMEN

Awal

Pertanyaan pemantik, identifikasi tradisi lokal

Proses

Observasi diskusi, analisis mind map/timeline, tanya jawab

Akhir

Refleksi tertulis, presentasi kelompok, karya kreatif (poster/video), umpan balik lisan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MODUL AJAR Biografi Tokoh Pendiri Organisasi Keagamaan di Indonesia

  MODUL AJAR Pembelajaran Mendalam – Insersi Kurikulum Berbasis Cinta (KBC) Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IX – ...