Oleh
Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut)
Materi ini
disampaikan oleh Bapak Didin Hadiat, M.Pd Pengawas Sekolah
dari Kantor Kemenag dari Kabupaten Tanggerang Banten. Beliau merupakan
Instruktur Nasional Tim Pengembang PKB GTK Madrasah, Tim Regulasi Direktorat
KSKK dan GTK Madrasah, Assesor BAN SN, Tim Penilai Angka Kredit, dan pengurus
POKJAWAS. Sosialisasi Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan pada siaran live
channel youtube milik bapak Pengawas Madrasah Kemenag Garut, Bapak Munif
ada hari Rabu tanggal 22 Juni tahun 2022 pukul 07.30 sampai dengan selesai.
Beliau
menyampaikan tentang 6 Perangkat Ajar yang harus Guru persiapkan pada awal Tahun Pelajaran 2022/2023, tentunya
persiapan ini bisa didampingi oleh para pengawas madrasah. 6 Perangkat Ajar
tersebut adalah sebagai berikut :
1.
Analisis
Capaian Pembelajaran (CP)
Dasar hukum untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab
adalah Kementrian Agama : Keputusan Dirjen Pendis No 3211 Tahun 2022 tentang
Capaian Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah.
Dasar hukum untuk mata pelajaran umum adalah Kemendiknasristek
: Keputusan kepala BSKAP No 033 H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran pada
PAUD, jenjang dasar dan jenjang menengah pada Kurikulum Merdeka)
Baca (https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/68-kurikulum-merdeka-cara-memahami.html)
2.
Merumuskan
Tujuan Pembelajaran (TP)
Tujuan Pembelajaran yang ideal terdiri dari dari 2
komponen berikut:
1.
Kompetensi yaitu kemampuan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan
yang dapat didemonstrasikan oleh peserta didik yang menunjukkan peserta didik
telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran.
2.
Konten yaitu ilmu pengetahuan inti atau konsep utama yang perlu dipahami
di akhir satu unit pembelajaran.
3.
Menyusun
ATP
Baca (https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/69-kurikulum-merdeka-cara-menyusun-alur.html)
Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran:
1.
Menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang harus dikuasai peserta
didik
2. ATP dalam satu fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang
linear dari awal hingga akhir fase.
3. ATP pada keseluruhan fase menggambarkan cakupan dan
tahapan pembelajaran yang menggambarkan tahapan perkembangan kompetensi
antarfase dan jenjang
4.
Mempersiapkan
Assesmen Diagnostik
Penulis menambahkan
penjelasan mengenai asesmen
diagnostik. Penilaian diagnostik adalah penilaian yang digunakan untuk mendeteksi
kelemahan siswa dalam menguasai mata pelajaran atau keterampilan tertentu dan
penyebabnya.
Tujuan penilaian diagnostik adalah untuk mengetahui secara cepat kemampuan seluruh peserta didik di kelas, mengidentifikasi siswa yang sudah paham, paham sedikit, dan belum paham. Dengan demikian, guru dapat menyesuaikan materi pembelajaran dengan kemampuan peserta didik.
5.
Menyusun
Modul Ajar
Baca
(https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/rpp-kurikulum-merdeka-alias-modul-ajar-1.html
dan https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/75-rpp-kurikulum-merdeka-alias-modul.html
)
6.
Menyusun
Bahan Ajar
Daftar Pustaka
https://kurikulummerdeka.com/alur-tujuan-pembelajaran-kurikulum-merdeka/
https://www.youtube.com/watch?v=NUsztsKbKjA&t=3327s
Kumpulan Artikel Nurul Jubaedah tentang Kurikulum
Merdeka Belajar :
https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/68-kurikulum-merdeka-cara-memahami.html
https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/69-kurikulum-merdeka-cara-menyusun-alur.html
https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/rpp-kurikulum-merdeka-alias-modul-ajar-1.html
https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/75-rpp-kurikulum-merdeka-alias-modul.html
https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/64-merdeka-belajar-apa-yang-harus-kita.html
https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/66-implementasi-kurikulum-merdeka-di.html
https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/66-solusi-menghadapi-kendala-kurikulum.html
https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/69-kurikulum-merdeka-project-based.html
https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/71-jaipongan-kearifan-lokal-dalam-sudut.html
https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/72-membayankan-gerakan-literasi-dalam.html
Biodata
Nurul
Jubaedah lahir di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan : D1 Akuntansi (1995), S1
PAI UNIGA ( 2001), S1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S2 PAI UIN
SGD Bandung (2012). Prestasi : Pembimbing KIR : Membimbing 27
judul Karya Ilmiah Remaja kategori sosial budaya, menghantarkan peserta didik
juara 1,2,3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan
Ekonomi (tingkat Provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat Nasional)
(Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 di GTK Madrasah (2021),
lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022). Karya : 3
buku solo, 20
buku antologi (Januari-April 2022). Memiliki 540 konten pendidikan di
canal youtube dan 80
artikel (Oktober 2021-Juni
2022). Blog :
http://nuruljubaedah6.blogspot.com/. Instagram (nj_78). Email : nuruljubaedah6@gmail.com. Whatsapp : 081322292789.
Lengkap sekali.
BalasHapusTerima kasih sudah berkunjung...salam literasi
HapusMantap lanjutkan
BalasHapusTerima kasih sudah sngt membantu.. Sy guru SD dri lotim.. Msh bingung ttg IKm
BalasHapusMasya Allah, informasi nya sangat bermanfaat. Terimakasih Mba Nurul.
BalasHapus