Kamis, 23 Juni 2022

(77) Kurikulum Merdeka : 6 Perangkat Ajar yang Harus Guru Persiapkan Tahun Pelajaran 2022/2023

 

Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut)

Materi ini disampaikan oleh Bapak Didin Hadiat, M.Pd Pengawas Sekolah dari Kantor Kemenag dari Kabupaten Tanggerang Banten. Beliau merupakan Instruktur Nasional Tim Pengembang PKB GTK Madrasah, Tim Regulasi Direktorat KSKK dan GTK Madrasah, Assesor BAN SN, Tim Penilai Angka Kredit, dan pengurus POKJAWAS. Sosialisasi Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan pada siaran live channel youtube milik bapak Pengawas Madrasah Kemenag Garut, Bapak Munif ada hari Rabu tanggal 22 Juni tahun 2022 pukul 07.30 sampai dengan selesai.

Beliau menyampaikan tentang 6 Perangkat Ajar yang harus Guru persiapkan  pada awal Tahun Pelajaran 2022/2023, tentunya persiapan ini bisa didampingi oleh para pengawas madrasah. 6 Perangkat Ajar tersebut adalah sebagai berikut :

 Perangkat Ajar

1.      Analisis Capaian Pembelajaran (CP)

Dasar hukum untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab adalah Kementrian Agama : Keputusan Dirjen Pendis No 3211 Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah.

Dasar hukum untuk mata pelajaran umum adalah Kemendiknasristek : Keputusan kepala BSKAP No 033 H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran pada PAUD, jenjang dasar dan jenjang menengah pada Kurikulum Merdeka)

Baca (https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/68-kurikulum-merdeka-cara-memahami.html)

2.      Merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP)

Tujuan Pembelajaran yang ideal terdiri dari dari 2 komponen berikut:

1.         Kompetensi yaitu kemampuan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat didemonstrasikan oleh peserta didik yang menunjukkan peserta didik telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran.

2.         Konten yaitu ilmu pengetahuan inti atau konsep utama yang perlu dipahami di akhir satu unit pembelajaran.

3.      Menyusun ATP

Baca  (https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/69-kurikulum-merdeka-cara-menyusun-alur.html)

 Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran:

1.      Menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik

2.    ATP dalam satu fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang linear dari awal hingga akhir fase.

3. ATP pada keseluruhan fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang menggambarkan tahapan perkembangan kompetensi antarfase dan jenjang

4.      Mempersiapkan Assesmen Diagnostik

Penulis menambahkan penjelasan mengenai asesmen diagnostik. Penilaian diagnostik adalah penilaian yang digunakan untuk mendeteksi kelemahan siswa dalam menguasai mata pelajaran atau keterampilan tertentu dan penyebabnya.

Tujuan penilaian diagnostik adalah untuk mengetahui secara cepat kemampuan seluruh peserta didik di kelas, mengidentifikasi siswa yang sudah paham, paham sedikit, dan belum paham. Dengan demikian, guru dapat menyesuaikan materi pembelajaran dengan kemampuan peserta didik. 

5.      Menyusun Modul Ajar

Baca (https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/rpp-kurikulum-merdeka-alias-modul-ajar-1.html dan https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/75-rpp-kurikulum-merdeka-alias-modul.html )

6.      Menyusun Bahan Ajar

  

Daftar Pustaka

https://kurikulummerdeka.com/alur-tujuan-pembelajaran-kurikulum-merdeka/

https://www.youtube.com/watch?v=NUsztsKbKjA&t=3327s

 

Kumpulan Artikel Nurul Jubaedah tentang Kurikulum Merdeka Belajar :

https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/68-kurikulum-merdeka-cara-memahami.html

https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/69-kurikulum-merdeka-cara-menyusun-alur.html

https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/rpp-kurikulum-merdeka-alias-modul-ajar-1.html

https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/75-rpp-kurikulum-merdeka-alias-modul.html

https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/64-merdeka-belajar-apa-yang-harus-kita.html

https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/66-implementasi-kurikulum-merdeka-di.html

https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/66-solusi-menghadapi-kendala-kurikulum.html

https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/69-kurikulum-merdeka-project-based.html

https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/71-jaipongan-kearifan-lokal-dalam-sudut.html

https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/72-membayankan-gerakan-literasi-dalam.html

 

Biodata

Nurul Jubaedah lahir di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan  : D1 Akuntansi (1995), S1 PAI UNIGA ( 2001), S1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S2 PAI UIN SGD Bandung (2012). Prestasi : Pembimbing KIR : Membimbing 27 judul Karya Ilmiah Remaja kategori sosial budaya, menghantarkan peserta didik juara 1,2,3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat Provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat Nasional)  (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 di GTK Madrasah (2021), lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022). Karya : 3 buku solo, 20 buku  antologi (Januari-April 2022). Memiliki 540 konten pendidikan di canal youtube dan 80 artikel (Oktober 2021-Juni 2022). Blog http://nuruljubaedah6.blogspot.com/. Instagram (nj_78). Email :  nuruljubaedah6@gmail.com. Whatsapp : 081322292789.

5 komentar:

  1. Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung...salam literasi

      Hapus
  2. Mantap lanjutkan

    BalasHapus
  3. Terima kasih sudah sngt membantu.. Sy guru SD dri lotim.. Msh bingung ttg IKm

    BalasHapus
  4. Masya Allah, informasi nya sangat bermanfaat. Terimakasih Mba Nurul.

    BalasHapus

BAB VII Biografi Tokoh Pendiri Organisasi Keagamaan di Indonesia (Uji Kompetensi)

  Uji Kompetensi 1 Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (x) pada salah satu hurufa, b, c atau d pada ...