Persiapan Awal Guru Tahun Pelajaran 2022/2023
Oleh
Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag (Guru SKI di MTsN 2 Garut)
Sosialisasi
Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan pada siaran live channel youtube milik
bapak Pengawas Madrasah Kemenag Garut, Bapak Munif kemarin pagi hari Rabu
tanggal 22 Juni tahun 2022 pukul 07.30 sampai dengan selesai. Materi ini
disampaikan oleh bapak Didin Hadiat, M.Pd Pengawas Sekolah dari Kantor Kemenag dari Kabupaten Tanggerang Banten. Beliau merupakan Instruktur
Nasional Tim Pengembang PKB GTK Madrasah, Tim Regulasi Direktorat KSKK dan GTK
Madrasah, Assesor BAN SN, Tim Penilai Angka Kredit, dan pengurus POKJAWAS.
Beliau
menyampaikan materi mengenai sosialisasi Kurikulum Merdeka tentang apa yang
harus dipersiapkan oleh guru pada awal tahun Pelajaran 2022/2023 adalah sebagai berikut :
1.
Perangkat
Ajar
· Analisis CP
Kementrian Agama : Keputusan Dirjen Pendis No 3211 Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah. Kemendiknasristek : Keputusan kepala BSKAP No 033 H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran pada PAUD, jenjang dasar dan jenjang menengah pada Kurikulum Merdeka). Silahkan baca (https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/68-kurikulum-merdeka-cara-memahami.html)
· Merumuskan
TP
· Menyusun
ATP
Baca
(https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/69-kurikulum-merdeka-cara-menyusun-alur.html)
· Mempersiapkan
Assesmen Diagnostik
(Penulis akan mengupasnya pada artikel selanjutnya)
· Menyusun
Modul Ajar
Baca
(https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/rpp-kurikulum-merdeka-alias-modul-ajar-1.html
dan https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/75-rpp-kurikulum-merdeka-alias-modul.html
)
· Menyusun
Bahan Ajar
(Penulis
akan mengupasnya pada artikel selanjutnya)
2.
Pembelajaran
Paradigma baru
(Penulis akan
mengupasnya pada artikel selanjutnya)
3.
Assesmen
(Penulis
akan mengupasnya pada artikel selanjutnya)
Bapak Didin Hadiat, M.Pd menekankan kembali bahwa hal
inilah yang menjadi modal awal bagi bapak dan ibu guru. Setelah menyaksikan
acara ini maka penulis akan membantu memperjelas poin-poin mengenai Kurikulum
Merdeka pada arikel selanjutnya. Penulis sebelumnya telah menulis tentang 10 artikel
yang berkaitan dengan Kurikulum Merdeka sebagai berikut :
1.
https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/64-merdeka-belajar-apa-yang-harus-kita.html
2.
https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/66-implementasi-kurikulum-merdeka-di.html
3.
https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/66-solusi-menghadapi-kendala-kurikulum.html
4.
https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/68-kurikulum-merdeka-cara-memahami.html
5.
https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/69-kurikulum-merdeka-cara-menyusun-alur.html
6.
https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/69-kurikulum-merdeka-project-based.html
7.
https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/71-jaipongan-kearifan-lokal-dalam-sudut.html
8.
https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/72-membayankan-gerakan-literasi-dalam.html
9.
https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/rpp-kurikulum-merdeka-alias-modul-ajar-1.html
10. https://nuruljubaedah6.blogspot.com/2022/06/75-rpp-kurikulum-merdeka-alias-modul.html
Harapan pada
Kurikulum Merdeka
Guru
harus mampu melakukan pembelajaran yang berdiferensiasi yaitu pembelajaran
yang memenuhi kebutuhan peserta didik yang beragam. Guru tidak dapat
memperlakukan semua peserta didik secara setara. Guru harus mampu mengakomodir
kebutuhan setiap peserta didik yang menunjukkan berbagai karakteristik.
Perbedaan termasuk konten, proses, produk, dan lingkungan belajar, antara lain.
Secara fundamental dan teknis, masih banyak hal yang perlu dipelajari dan
dipersiapkan oleh para guru dalam proses pelaksanaan Kurikulum Merdeka ini.
Hikmah pandemi
membuat beberapa guru berebut untuk belajar tentang pembelajaran teknologi sehingga
mereka dapat terus belajar dengan peserta didik secara online. Setidaknya,
bekal ini bisa menjadi masukan bagi para guru untuk tidak “menutup diri” dengan
teknologi.
Guru berperan sangat penting dalam
dunia pendidikan sehingga guru harus mampu mengikuti arus yang berlaku di dunia
yang semakin kompleks dan berkembang. Secara bersamaan budaya, peradaban dan
teknologi. Jika tidak, program riset independen yang dicanangkan pemerintah
tidak akan terlaksana dengan baik.
Kami menaruh harapan besar pada Kurikulum
Merdeka
agar pendidikan dapat terselenggara sesuai dengan amanat UUD 1945. Demikian pula kehidupan
berbangsa dan bernegara di Indonesia
dapat berjalan beriringan dengan negara-negara lain di dunia untuk
menciptakan kesejahteraan dan perdamaian yang nyata.
Biodata
Nurul Jubaedah lahir di Garut, 19 Mei
1978. Mengajar di MTsN 2
Garut. Pendidikan
: D1 Akuntansi (1995), S1 PAI UNIGA ( 2001), S1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi
Cimahi (2007), S2 PAI UIN SGD Bandung (2012). Prestasi :
Pembimbing KIR : Membimbing 27 judul Karya Ilmiah Remaja kategori sosial
budaya, menghantarkan peserta didik juara 1,2,3, dan harapan 1 kategori
Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat Provinsi), juara harapan 1 dan 2
(tingkat Nasional) (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1
di GTK Madrasah (2021), lolos tahap 3 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022). Karya
: 3 buku solo, 20
buku antologi (Januari-April 2022). Memiliki 540 konten pendidikan di
canal youtube dan 80
artikel (Oktober 2021-Juni
2022). Blog
:
http://nuruljubaedah6.blogspot.com/. Instagram
(nj_78). Email
: nuruljubaedah6@gmail.com.
Whatsapp : 081322292789.
Bermanfaat, terimakasih Bu Nurul
BalasHapusTerima kasih banyak atas kunjungannya salam literasi
HapusPenulis ulung yang selalu up date yaitu mbak Nurul.
BalasHapusterima kasih selalu memberikan support....dan sudah berkunjung, salam literasi...
HapusMasya Allah Bu, tulisan nya sangat bermanfaat karena sekarang guru banyak membutuhkan informasi tentang kurikulum merdeka.
BalasHapusalhamdulillah....terima kasih sudah berkunjung, salam literasi
Hapusmantap semoga bermanfaat
BalasHapusaamin terima kasih sudah berkunjung, salam literasi
Hapus